Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rossi Akan Hadir ke GP Valencia, Saksikan Muridnya Jadi Juara Dunia

Kompas.com - 27/10/2022, 14:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber MotoGP

JAKARTA, KOMPAS.com - Valentino Rossi akan datang di seri terakhir MotoGP 2022, di GP Valencia, Spanyol. Legenda balap motor itu khusus menonton Francesco Bagnaia yang bertarung untuk gelar juara dunia.

Seperti diketahui Pecco Bagnaia merupakan murid Rossi jebolan VR46 Academy. Sukses Pecco merupakan impian Rossi yang sengaja membuat akademi agar para pebalap Italia bisa bersinar di balapan kelas premier.

Baca juga: Klaim Hasil Uji B40 di Dataran Tinggi

Mengutip MotoGP.com, kemenangan Pecco bakal jadi kado masins buat Rossi yang memutuskan gantung helm dari MotoGP 12 bulan lalu setelah seri terakhir GP Valencia musim 2021.

Rider Ducati Francesco Bagnaia dan pebalap legendaris Valentino Rossi bersalaman pada sesi FP3 MotoGP Valencia, Sabtu (13/11/2021).MOTOGP Rider Ducati Francesco Bagnaia dan pebalap legendaris Valentino Rossi bersalaman pada sesi FP3 MotoGP Valencia, Sabtu (13/11/2021).

Selain ingin menyaknikan muridnya, Rossi juga akan datang untuk melihat sang adik Luca Marini bersama dengan timnya Mooney VR46 yang akan menuntaskan musim pertama di MotoGP.

Rossi juga akan datang melihat muridnya yang lain yaitu Marco Bezzecchi yang akan meraih Rookie of The Year atau pebalap pendatang baru terbaik musim 2022.

Seperti diketahui, alasan berdirinya VR46 Riders Academy berasal dari niat baik Rossi yang ingin membantu para pebalap Italia agar berkembang hingga mencapai kesuksesan.

Selain itu, legenda asal Tavulia, Italia itu juga berharap akademi VR46 bisa membentuk pebalap sebagai individu yang baik, tak hanya cepat di sirkuit balap.

Baca juga: Quartararo Tunda Operasi Jari Setelah GP Valencia

Francesco Bagnaia mencium trofi setelah meraih kemenangan di MotoGP Malaysia 2022 di Sirkuit Sepang, Minggu (23/10/2022). (Foto oleh MOHD RASFAN/AFP)AFP/MOHD RASFAN Francesco Bagnaia mencium trofi setelah meraih kemenangan di MotoGP Malaysia 2022 di Sirkuit Sepang, Minggu (23/10/2022). (Foto oleh MOHD RASFAN/AFP)

Akademi pebalap ini sendiri berdiri sejak 2013 dan telah berhasil mengorbitkan sejumlah pebalap muda berbakat. Francesco Bagnaia dan Franco Morbidelli adalah contoh produk akademi VR46 yang terbukti berhasil.

"Gagasan di balik akademi VR46 adalah untuk membantu pebalap Italia mencapai level tertinggi dalam karier balapan," kata Rossi yang dikutip dari Tuttomotoriweb beberapa waktu lalu.

"Kami mencoba untuk memiliki pebalap cepat, tetapi juga dengan sikap yang baik. Kami mendirikan akademi ini dengan hati," kata pebalap yang identik dengan julukan The Doctor tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber MotoGP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com