Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wuling Serahkan 300 Unit Mobil Listrik untuk KTT G20 Bali

Kompas.com - 27/10/2022, 10:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Motors (Wuling) melakukan handover ceremony Wuling Air ev kepada Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia dalam acara bertajuk Seremoni Serah Terima Kendaraan Resmi G20 Indonesia 2022, Rabu (26/10/2022).

Acara diresmikan dengan penyerahan simbolis oleh President Director Wuling Motors Shi Guoyong kepada Pratikno, Menteri Sekretaris Negara di Plaza Bung Karno, Parkir Selatan GBK, Jakarta.

Shi Guoyong mengatakan, pihaknya bangga dapat mendukung pelaksanaan KTT G20 di Bali sebagai official car partner. Dukungan tersebut diwujudkan dengan menyediakan 300 unit Wuling Air ev, sebagai pendukung mobilitas ramah lingkungan.

Baca juga: Penjualan Wuling Air ev Meroket di September 2022

"Langkah ini pun menjadi tonggak sejarah baru bagi kami untuk berkontribusi bagi Indonesia dan dunia untuk menuju masa depan yang lebih hijau melalui kendaraan bebas emisi, Wuling Air ev," ucap dia dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu.

Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan bahwa G20 menjadi showcase yang penting untuk menunjukkan keseriusan Indonesia dalam transisi menuju energi bersih.

"G20 adalah showcase yang penting bagi kita untuk menunjukkan keseriusan Indonesia dalam bertransisi menuju energi bersih dan Wuling menjadi bagian penting dalam ekosistem mobil listrik di Indonesia. Terima kasih atas dukungan Wuling karena ini akan menjadi bagian penting dari G20," ucap Pratikno.

300 unit Air ev mulai diberangkatkan menuju Bali sebagai Official Car Partner KTT G20 dari fasilitas pabrik Wuling Motors di Cikarang, Jawa BaratDok. Wuling 300 unit Air ev mulai diberangkatkan menuju Bali sebagai Official Car Partner KTT G20 dari fasilitas pabrik Wuling Motors di Cikarang, Jawa Barat

Rincainnya, dari 300 unit Wuling Air ev, 216 unitnya bertipe long range, dan 84 unit lainnya merupakan tipe standard range. Mobil-mobil tersebut akan untuk mendukung mobilitas para delegasi G20 dan organisasi internasional, pada 15-16 November 2022 mendatang, di Bali.

Nantinya, para delegasi yang akan menggunakan mobil-mobil listrik tersebut berasal dari berbagai negara seperti Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brazil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Korea Selatan, Meksiko, Prancis, Rusia, Turki, dan Uni Eropa.

Baca juga: Baterai Ioniq 5 Bermasalah, Hyundai Sebut Itulah Kecanggihannya

Turut hadir juga delegasi undangan lainnya, yang berasal dari Uni Emirat Arab, Belanda, Fiji, Kamboja, Rwanda, Senegal, Singapura, Spanyol, dan Suriname. Seluruhnya akan ikut berkendara dengan menggunakan Wuling Air ev.

Sejumlah organisasi internasional juga akan turut menggunakan kendaraan listrik compact ini untuk keperluan mobilitas. Seperti Asian Development Bank (ADB), Financial Stability Board (FSB),  Islamic Development Bank (IDB), International Labor Organization (ILO), International Monetary Fund (IMF), Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), World Health Organization (WHO) sampai dengan World Trade Organization (WTO).

Sebagai informasi, Wuling Air ev sendiri merupakan kendaraan listrik berukuran compact yang resmi meluncur di Indonesia pada gelaran Gaikindo Indonesia International AUto Show (GIIAS) 2022, Agustus 2022 yang lalu.

Harga unitnya untuk OTR Jakarta ada di kisaran Rp 230 jutaan untuk varian standard range dan Rp 295 jutaan untuk varian long range.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com