Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Resmi Tes Pasar Motor Listrik E01

Kompas.com - 25/10/2022, 12:05 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi memulai program market test untuk kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV), lewat produknya Yamaha E01.

Program yang bertajuk Proof of Concept tersebut, merupakan bagian dari implementasi visi jangka panjang perusahaan atau Yamaha’s Long Term Vision 2050 yang mengacu pada 3 poin.

Pertama, yaitu Advancing Robotics, kemudian Re-thinking Solution, dan ketiga Transforming Mobility atau yang dikenal dengan istilah ART for Human Possibilities.

Baca juga: Jawaban Resmi Hyundai Indonesia Soal Baterai Ioniq 5 yang Bermasalah

Yamaha Indonesia resmi memulai tes pasar motor listrik Yamaha E01KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Yamaha Indonesia resmi memulai tes pasar motor listrik Yamaha E01

Berfokus pada poin Transforming Mobility, melalui market test E01 ini Yamaha ingin mewujudkan transformasi mobilitas yang lebih baik di masa depan.

Termasuk juga mendapatkan masukan dari konsumen sebagai dasar dalam menghadirkan kendaraan EV, yang lebih sesuai untuk menjawab kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia di masa yang akan datang.

Minoru Morimoto, President Director & CEO PT YIMM, mengatakan, EV merupakan solusi paling tepat untuk mencapai carbon neutral.

Baca juga: Simak Cara Mengetahui Kendaraan Kena Tilang Elektronik atau Tidak

“Bagi Yamaha, Carbon Neutral merupakan tema besar. Itulah mengapa Yamaha telah bekerja mengembangkan EV selama hampir 30 tahun, dengan mendorong diri untuk mencari sumber tenaga alternatif,” ujar Morimoto di Bogor (25/10/2022).

“Hari ini, kita memiliki E01 untuk dilakukan test ride, yang mengawali proyek Proof of Concept untuk pasar Indonesia,” kata dia.

Ia menambahkan, melaui motor konsep ini, Yamaha akan melihat sejauh mana penerimaan motor listrik bisa menjawab kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia.

Baca juga: Tes Kesenyapan 5 LMPV Terlaris, Siapa Paling Senyap?

Yamaha E01KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Yamaha E01

Untuk diketahui, sebanyak 20 unit E01 akan mulai diuji coba oleh masyarakat umum. Rencananya, total target peserta sebanyak 4.000 orang akan dimulai pada bulan November di tahun ini.

Tahap awal akan berlangsung di 4 kota besar di Indonesia yang meliputi Jakarta, Bandung, Bali dan juga Medan.

Keempat kota tersebut dipilih sebagai lokasi uji kendara E01 karena dinilai merepresentasikan karakter jalan, medan geografis, cuaca, suhu udara, serta tingkat eksistensi pengguna EV yang beragam sebagai bahan evaluasi dari market test itu sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com