Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/10/2022, 11:31 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Honda Vario jadi skutik idaman pengendara, desainnya kompak dan cukup stylish sehingga cocok diandalkan untuk pemakaian perkotaan. 

Beberapa model Vario beredar di Indonesia sejak meluncur pertama kali pada 2006. Dari 110 yang jadi generasi awal, hingga 160.

Kiprah Vario pun jadi saksi regenerasi skutik modern. Pamornya belum pudar sampai populasi motor matik di jalanan meledak sekarang ini. 

Honda Vario dikenal sebagai motor tangguh yang jarang rewel. Selain dari desain yang compact, skutik ini juga terkenal irit bahan bakar.  

Baca juga: 33.000 Unit Vario 125 Sudah Terjual di Jakarta-Tangerang

Meskipun demikian, bukan berarti Vario bebas dari kerusakan, ada saja pekerjaan rumah (PR) yang harus diperhatikan pemilik, lantas apa itu? 

Shokibul, Pemilik Bengkel Malam Karangawen mengatakan, skutik Honda yang menggunakan sistem pendinginan mesin radiator, setelah berusia 5 tahun ke atas banyak yang mengalami masalah overheat. 

All New Honda Vario 160 saat peluncuran di AHM Safety Riding and Training Center, Cikarang, Jawa Barat, Rabu (2/2/2022). Vario 160 tipe CBS dibanderol Rp 25.800.000 sedangkan tipe ABS dibanderol Rp 28.500.000. Semua harga on the road (OTR) DKI Jakarta.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG All New Honda Vario 160 saat peluncuran di AHM Safety Riding and Training Center, Cikarang, Jawa Barat, Rabu (2/2/2022). Vario 160 tipe CBS dibanderol Rp 25.800.000 sedangkan tipe ABS dibanderol Rp 28.500.000. Semua harga on the road (OTR) DKI Jakarta.

"Radiator banyak yang sudah berumur dan membutuhkan perawatan khusus. Beberapa kasus air radiator kering karena pemilik abai perawatan. Air radiator tercampur oli juga ada kasus, itu penyebabnya seal waterpump jebol," kata Shokib kepada Kompas.com, Selasa (25/20/2022). 

Setelah dianalisa, banyak pemilik Vario series yang masih belum paham tata cara perawatan radiator, parahnya sampai ada yang dibiarkan kering dan jadi biang kerok terjadinya overheat. 

"Kaget, lampu check engine tiba-tiba nyala. Air yang kosong di tabung reservoir, suhu kerja mesin gampang sekali meningkat, jadi sering overheat," katanya.

Selain itu, karena faktor usia banyak Vario yang mengalami kerusakan waterpump. Sirkulasi air radiator tidak lancar, sehingga mendidih terlebih dahulu sebelum di alirkan sampai blok silinder. 

Baca juga: Kenali Fungsi Oli Gardan pada Motor Matik

Radiator Vario 125 yang harus rutin cek level ketinggian air Dicky Aditya Wijaya Radiator Vario 125 yang harus rutin cek level ketinggian air

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.