Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/10/2022, 10:42 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Setiap pengendara yang menggunakan jalan tol harus membayar sesuai tarif masing-masing gerbang masuk atau keluar. Di Indonesia, pembayaran atau transaksi jalan tol telah melewati beberapa evolusi perubahan.

Paling terbaru, mulai melakukan uji coba transaksi tol non-tunai nirsentuh dengan skema Multi-Lane Free Flow (MLFF). 

Skema dengan teknologi nirsentuh ini memudahkan pembayaran jalan tol karena pengguna jalan tol tidak perlu menghentikan kendaraannya di gerbang tol.

Baca juga: Kapolri Melarang Tilang Manual di Jalan, Kecuali Tindak Ini

“Ternyata di Indonesia sudah beberapa kali pergantian sistem transaksi pembayaran di Jalan Tol loh. Mulai dari cash hingga langsung tapping dan nantinya langsung jalan tanpa berhenti buat bayar tol yang ternyata semua ada waktu maksimal transaksi nya ya,” dikutip dari Twitter resmi milik Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) melalui pada akun @pupr_bpjt.


Berikut evolusi sistem transaksi pembayaran jalan tol di Indonesia :

1. Transaksi tunai (1978-2017)
Pada sistem ini, pengguna jalan tol wajib menghentikan laju kendaraan mereka saat mengambil atau menyerahkan kembali kartu tanda masuk dan melakukan pembayaran dengan tunai. Waktu transaksi yang dibutuhkan 0-12 detik.

 

Suasana kendaraan yang masuk dan keluar Gerbang Tol (GT) Cileunyi, di ruas tol Padalarang-Cileunyi, Jawa Barat pada H-10 Lebaran 2022, Jumat (22/4/2022). PT. Jasamarga Metropolitan Tollroad Suasana kendaraan yang masuk dan keluar Gerbang Tol (GT) Cileunyi, di ruas tol Padalarang-Cileunyi, Jawa Barat pada H-10 Lebaran 2022, Jumat (22/4/2022).

 Baca juga: Pelayanan SIM Keliling di Jakarta Kembali Beroperasi

2. Kartu uang elektronik / e­-Toll (2017- Sekarang )
Alat pembayaran dalam transaksi ini yaitu menggunakan teknologi berbasis kartu uang elektronik yang dikenal dengan sebutan e-Toll. Waktu transaksi yang dibutuhkan yaitu 5 detik.


3. Multi lane Free Flow (MLFF) - 2023
Penerapan sistem transaksi tol non tunai nirsentuh atau multi lane flow (MLFF) berbasis aplikasi yang menggunakan teknologi GNSS atau global navigation satellite system. Waktu transaksi yang dibutuhkan yaitu 0 detik .

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.