Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Aman Mengemudikan Mobil Transmisi Manual buat Pemula

Kompas.com - 05/10/2022, 06:42 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika belajar mengemudikan mobil, seorang pengemudi perlu memilih tempat atau lembaga yang tersertifikasi agar tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Namun tidak sebatas belajar saja, kemahiran seseorang dalam mengemudikan mobil juga bergantung pada jam terbang atau seberapa sering orang tersebut berkendara.

Baca juga: Alasan Kenapa Pengemudi Mobil Listrik Tetap Butuh Pelatihan

Saat mengemudikan mobil manual, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengemudi pemula agar tidak menimbulkan kebiasaan salah yang memperbesar potensi kecelakaan.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Roslianna Ginting menjelaskan bahwa pengemudi pemula perlu memperhatikan posisi persneling dan posisi kaki pada pedal kopling.

Menginjak gas pada mobilPokPak05 Menginjak gas pada mobil

"Pastikan tidak melakukan kesalahan saat mengoperasikan posisi persneling. Bisa berakibat ditabrak oleh kendaraan lain dari belakang kendaraan kita," ucap Roslianna kepada Kompas.com, Selasa (4/10/2022).

Selain itu, salah satu kebiasaan yang kerap dilakukan pengemudi pemula adalah selalu meletakkan kaki kiri pada pedal kopling.

Baca juga: Catat, Daftar Jenis Pelanggaran Lalu Lintas Target ETLE

"Jangan dibiasakan kaki menginjak pedal kopling setiap melakukan pengereman. Karena akan menjadi kebiasaan, dan berakibat fatal apabila di kondisi (jalan) turunan," ucap dia.

Terakhir, pengemudi pemula harus membiasakan diri untuk dapat menggunakan pedal gas, pedal kopling, dan pedal rem, serta menyesuaikan posisi persneling sesuai dengan kondisi jalan yang dilalui.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com