Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembaruan Perangkat Lunak Mobil Hyundai, Tidak Perlu Lagi ke Bengkel

Kompas.com - 13/10/2022, 16:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan teknologi membuat jarak semakin tidak berarti. Untuk ke depannya, pemilik mobil Hyundai tidak lagi harus datang ke bengkel untuk memperbarui perangkat lunak kendaraannya.

Belum lama ini, Hyundai Motor Group (HMG) resmi mengumumkan strategi global yang akan menyematkan teknologi Software Defined Vehicles (SDV) pada semua model kendaraannya.

Baca juga: Hyundai Akan Sematkan Perangkat Lunak Canggih di Semua Model

Mulai 2023, semua mobil baru yang diproduksi akan dilengkapi kemampuan untuk menerima pembaruan perangkat lunak Over-The-Air (OTA) yang memungkinkan konsumen untuk selalu memperbarui kendaraannya.

Hyundai akan terapkan strategi global dengan menyematkan Software Defined Vehicle (SDV) di setiap modelDok. Hyundai Hyundai akan terapkan strategi global dengan menyematkan Software Defined Vehicle (SDV) di setiap model

Jadi, hanya butuh bantuan koneksi internet untuk melakukan pembaruan tersebut. Sehingga, bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun.

Transformasi ini akan berlaku tidak hanya untuk mobil listrik, tapi juga kendaraan dengan Internal Combustion Engine (ICE). Semua segmen kendaraan dari HMG yang dijual di seluruh dunia akan berkembang menjadi SDV pada 2025.

Baca juga: Baterai Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Bermasalah, Begini Kata Pakar

Setelah diperkenalkan di tahun 2021, HMG akan memperluas layanannya pada tahun 2023 untuk menerapkan Connected Car Services (CCS) di seluruh lini kendaraan di pasar global.

Pada 2025 seluruh kendaraan perusahaan akan dilengkapi agar dapat menerima pembaruan perangkat lunak OTA.

Hyundai StargazerKOMPAS.com/STANLY RAVEL Hyundai Stargazer

HMG juga akan menawarkan layanan FoD (Feature on Demand) di tahun depan. Hal ini akan memberi kemampuan bagi pelanggan untuk memilih dan membeli fungsi dan fitur yang memenuhi kebutuhan dan selera mereka, serta kebebasan untuk merealisasikan kendaraan yang paling sesuai dengan gaya hidup mereka.

"Sejumlah besar data yang dihasilkan oleh 20 juta kendaraan yang berlangganan ke connected car service (CCS) dari HMG akan memberikan dasar bagi pengembangan lebih lanjut dari layanan yang telah dipersonalisasi," ujar Chung Kook Park, President and Head of R&D Division HMG, dalam keterangan resminya.

Chung Kook Park menambahkan, HMG berencana untuk terus menawarkan layanan khusus yang dapat meningkatkan kebutuhan pelanggan secara individual dan menangani big data kendaraan dengan sangat cepat dan handal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com