Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Asisten Suara di Mobil Toyota Tidak Lagi Butuh Internet

Kompas.com - 13/10/2022, 15:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota dan Google bekerjasama mengembangkan teknologi asisten suara untuk di mobil. Teknologi ini tidak lagi membutuhkan koneksi internet.

Dikutip dari Motor1.com, Kamis (13/10/2022), teknologi berbasis kecerdasan buatan tersebut akan dihadirkan pada sistem infotainment generasi berikutnya di Toyota dan Lexus.

Sistem infotainment yang digunakan pada Toyota dan Lexus saat ini berbasis Linux. Sistem ini juga sudah menggunakan teknologi dari Google Cloud.

Baca juga: Alasan Kenapa Toyota Vios Terbaru Tidak Diproduksi di Indonesia

Fitur asisten suaranya menggunakan layanan Speech-to-Text yang secara akurat dapat mengenali suara dalam kendaraan. Teknologi tersebut dikembangkan bersama Toyota Motor North America Connected Technologies dan organisasi Toyota Connected sejak 2018.

Lexus Voice Assistant (asisten suara)Dok. Motor1.com Lexus Voice Assistant (asisten suara)

Teknologinya terus berkembang hingga yang terkini akan dikendalikan oleh sistem kecerdasan buatan yang tidak lagi membutuhkan koneksi internet.

Secara tradisional, interaksi asisten suara dan bicara sangat bergantung pada kekuatan koneksi internet. Sebab, pemrosesan bahasa alami sangat kompleks dan dapat memerlukan komputer khusus.

Baca juga: Toyota Bicara Energi Baru Terbarukan, Ada Biofuel, Etanol dan Hidogren

"Dengan bekerjasama bersama Toyota untuk memahami persyaratan perangkat di dalam kendaraannya serta kemampuannya, kami dapat memberikan kualitas seperti server dengan hanya menggunakan sebagian kecil dari kekuatan pemrosesan untuk memastikan pengalaman terbaik bagi pengemudi," ujar Umesh Vemuri, VP Global Strategic Customers & Industries Google Cloud.

Dengan fitur dari Google Cloud ini, maka fitur asisten suara di dalam mobil dapat diproses langsung tanpa bantuan koneksi internet. Teknologi tersebut akan disematkan pada model terbaru Toyota dan Lexus mulai 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com