Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Perhubungan Jajal Vespa Konversi Listrik di Bali

Kompas.com - 13/10/2022, 09:42 WIB

BALI, KOMPAS.com - Disela-sela kunjungan kerja, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi salah satu bengkel konversi motor listrik yang telah tersertifikasi yaitu Elders Garage di Mengwi, Bali.

Budi bahkan sempat menjajal Vespa listrik hasil konversi yang berbasis Vespa PTS. Dia terlihat asyik berkendara menggunakan helm dan sepatu putih yang terlihat santai, Sabtu (8/10/2022).

Baca juga: Terobos Banjir, Pengendara Motor di Bogor Terseret Air dan Hilang di Gorong-gorong

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Budi Karya Sumadi (@budikaryas)

 

"Bengkel ini bisa menjadi rujukan bagi masyarakat yang hendak mengkonversi sepeda motor dari mesin pembakaran internal menjadi motor penggerak listrik. Nah kalau ternyata nanti kendaraan listrik itu mahal, enggak usah beli baru cukup kita konversi saja," tulis Menhub di akun Instagram, dikutip Kamis (13/10/2022).

Seperti diketahui, sebagai upaya mendorong penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai atau KBLBB di Tanah Air, pemerintah tengah menggencarkan beragam strategi. Termasuk melalui konversi kendaraan berbahan bakar minyak ke listrik.

Strategi tersebut termaktub dalam Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor 65 Tahun 2020 bagi roda dua, dan juga Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 15 tahun 2022 untuk roda empat atau lebih.

Baca juga: Hyundai Akan Sematkan Perangkat Lunak Canggih di Semua Model

Konversi vespa klasik menjadi vespa listrik hasil modifikasi Elders Garage dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Kamis (28/7/2022). Butuh waktu 3 jam untuk melakukan modifikasi ini.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Konversi vespa klasik menjadi vespa listrik hasil modifikasi Elders Garage dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Kamis (28/7/2022). Butuh waktu 3 jam untuk melakukan modifikasi ini.

Namun pada perjalanannya, populasi kendaraan konversi khususnya roda dua yang sudah dua tahun, masih sedikit. Dari 22.942 unit merupakan kendaraan roda dua listrik, hanya 109 unit hasil konversi.

Danto Restyawan, Direktur Sarana Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan, sejak 2020 sampai saat ini sudah ada 10 bengkel konversi motor listrik yang tersertifikasi.

"Konversi sudah berjalan selama dua tahun. Misalkan mau kendaraan motor listrik tapi mahal tidak usah beli baru tapi motor lama dibuat baru, jadi itu mempercepat tren motor listrik," kata Danto dalam seminar Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.