Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/10/2022, 09:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus listrik buatan Indonesia unjuk gigi di Busworld SEA 2022 beberapa hari lalu. Bus lantai rendah dengan panjang 12 meter tersebut dibuat oleh Karoseri Tentrem dan PT INKA.

Nama bus tersebut adalah Velocity W5 E-Inobus, punya baterai 350 kWh dan jarak tempuh diklaim sampai 250 Km. Bus ini masih prototipe dan direncanakan untuk mengikuti G20 di Bali November mendatang.

Kalau sudah selesai G20, bus tersebut akan dicoba di beberapa kota dan akhirnya dijual. Tapi seberapa percaya diri Karoseri Tentrem menjual bus tersebut di tengah gempuran bus listrik impor?

Baca juga: Ada Transportasi Publik Baru di BSD, Pakai Bus Listrik

Bus listrik Velocity W5 E-Inobus buatan Karoseri Tentrem dan PT INKAKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus listrik Velocity W5 E-Inobus buatan Karoseri Tentrem dan PT INKA

Yohan Wahyudi, Director Karoseri Tentrem mengatakan, dirinya percaya diri akan kualitas bus listrik yang Karoseri Tentrem buat.

"Saya percaya diri (PD). saya yakin produk ini sangat reliable. saya mengikuti proses, pembuatannya oke," ucap Yohan di Jakarta beberapa waktu lalu.

Selain soal kualitas, Yohan juga percaya akan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Velocity W5 yang tentunya mengalahkan bus impor utuh.

Baca juga: Bebek Baru Honda Meluncur, Konsumsi BBM Diklaim Tembus 71,4 Kpl


"TKDN pasti menang, meraka kan impor, ini dalam negeri, baterainya pun lokal, (pakai) ABC," ucap Yohan.

Untuk bus yang saat ini dipamerkan, Karoseri Tentrem dengan INKA belum menghitung berapa besar TKDN. Namun INKA pasang target 60 persen TKDN pada bus listrik buatannya.

"Bodi belum 100 persen TKDN, kita ada beberapa komponen impor. Cat belum bisa (lokal), pintu belum bisa, kulit (bodi luar) juga belum bisa," ucap Yohan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.