Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Hanya Sekadar Aksesori, Ini Fungsi Penting Talang Air Mobil

Kompas.com - 24/05/2021, 15:31 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Door visor atau biasa dikenal dengan talang air merupakan aksesori yang memiliki fungsi penting di mobil, terkhusus saat musim hujan. Tapi, tak semua pemilik memahaminya sehingga cenderung abai.

Dikatakan Dealer Technical Support Dept PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, selain membuat tampilan mobil jadi menarik talang air juga mampu mengurangi potensi korsleting.

Sebab, alat ini mencegah air masuk ke dalam mobil sehingga beragam tombol elektrik seperti panel yang menempel pada door trim terjaga secara baik.

Baca juga: Benarkah Isi Bensin Lebih Baik Dilakukan pada Malam Hari?

Pelindung lampu depan dan talang air.FMI Pelindung lampu depan dan talang air.

“Selain itu talang air memiliki fungsi untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari guyuran air saat hujan saat membuka jendela mobil," katanya saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

"Jadi, air dari atap dibuang kedepan dan kebelakang supaya tidak menguyur kaca bagian samping,” lanjut Didi.

Pernyataan serupa diberikan Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang, Indah Yuliana. Bahkan menurutnya talang air dapat meredam suara dari bising jalanan melalui pemecahan aliran udara ketika bergerak.

Baca juga: 427.309 Kendaraan Masuk Jabotabek Jelang Berakhirnya Pengetatan

“Walau terkesan sederhana, jika salah akan merusak fungsi dan lain-lainnya. Apalagi di bagian luar yang terkena suhu panas maupun dingin secara langsung,” katanya,

Untuk kisaran harga talang air mobil sendiri cukup bervariasi tergantung model dan kualitasnya. Rata-rata, dibanderol mulai Rp 250.000 sampai jutaan rupiah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com