Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Aksesori Pemanis, Ini Fungsi Talang Air pada Mobil

Kompas.com - 26/08/2022, 17:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Jika betul-betul mencermati detail eksterior mobil, terdapat beberapa sisi yang menarik dan belum banyak diketahui satu persatu fungsinya. 

Salah satunya door visor atau talang air. Sebagian besar pemilik mungkin menganggap fungsinya hanya digunakan untuk aksesoris tambahan.

Padahal, menurut Foreman Astra Daihatsu Majapahit Semarang Bambang Tri Widayat, talang air bukan sekadar pemanis. Bila musim penghujan, door visor akan menghalangi cipratan air masuk ke dalam kabin yang bisa berpotensi menyebabkan korsleting. 

Baca juga: Pertalite Diisukan Naik, Pendaftar MyPertamina Tembus Lebih dari 800.000

"Jadi cipratan air hujan dari atap akan turun ke bawah lagi karena terhalang talang air," ucap Bambang dihubungi Kompas.com, Jumat (26/8/2022). 

Ilustrasi kaca mobil berembun Dicky Aditya Wijaya Ilustrasi kaca mobil berembun

Tak hanya mencegah air hujan masuk, Bambang mengatakan, khusus mobil non AC seperti truk, pick up, maupun mobil tua, talang air bisa digunakan mengurangi embun kaca yang membuat visibilitas lebih baik. 

"Kaca yang terbuka sedikit, kelembaban suhu udara di dalam kabin udara luar berbeda. Dengan adanya sirkulasi udara yang masuk ke dalam kabin, dapat mencegah terjadinya embun kaca," kata dia. 

Manfaat lainnya, kata Bambang, saat parkir di bawah terik sinar matahari, talang air dapat digunakan untuk mensirikulasi udara panas. 

"Udara panas dapat dibuang keluar agar suhu kabin cepat dingin saat AC di hidupkan," lanjutnya. 

Baca juga: Ketahui Penyebab Central Lock Mobil Bermasalah

Toyota Raize GR Sport TSSKOMPAS.com/Ruly Toyota Raize GR Sport TSS

Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto menjelaskan, jika parkir dalam waktu lama dalam posisi kaca sedikit terbuka, talang air dapat membantu memudahkan sirkulasi udara yang masuk. Dengan begitu, interior kabin mobil tidak di tumbuhi jamur. 

"Kalau parkir dalam waktu lama kan kalau ventilasi udara tertutup rapat kemungkinan jamur dan bercak noda karena suhu udara lembab bisa muncul di jok atau doortrim," kata Bambang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com