Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya Berkendara Motor Pakai Sandal Jepit Saat Hujan

Kompas.com - 08/10/2022, 11:22 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SEMARANG,KOMPAS.com - Berkendara sepeda motor saat musim hujan tentunya jauh lebih ribet. Salah satunya soal penggunaan alas kaki yang tepat, banyak yang memilih berkendara dengan sandal jepit lantaran dinilai praktis dan nyaman. 

Sandal jepit juga dianggap ideal berkendara motor saat hujan.

Namun, baru-baru ini sempat muncul pro dan kontra ketika Korps Lalu Lintas Polri (Korlantas) mengeluarkan imbauan yang melarang sandal jepit tak boleh digunakan untuk berkendara. 

Pasalnya, sandal jepit dinilai tidak aman dan berbahaya ketika terjadi kecelakaan. 

Lantas apakah benar dilarang? 

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, sandal jepit desainnya terbuka dan sangat berbahaya. Sama saja berkendara telanjang kaki, tak ada perlindungan dan risiko fatalitas kecelakaan lebih parah. 

"Ketika terjadi kecelakaan lalu lintas, perlindungan minim, kaki pengendara berisiko mengalami cedera parah," kata Sony kepada Kompas.com, Sabtu (8/10/2022). 

Baca juga: Pabrik Daihatsu di Karawang Gunakan Teknologi Ramah Lingkungan

Petugas kepolisian menindak pengendara sepeda motor yang melintas fly over Pesing, Daan Mogot, Jakarta Selatan Petugas kepolisian menindak pengendara sepeda motor yang melintas fly over Pesing, Daan Mogot, Jakarta Selatan

Selain licin, kata dia, sandal jepit akan mudah terlepas jika kaki melakukan refleks mendadak. Parahnya lagi, ketika ujungnya tersangkut di rem atau persneling, justru berisiko jadi biang kerok penyebab kecelakaan. 

Hal tersebut berlaku bagi pengendara motor bebek atau sport. 

Pengendara sepeda motor mengenakan jas hujan saat terjadi hujan di Jalan Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (22/12/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi dini cuaca ektrem yang akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada hari Minggu (22/12/2019), dan Senin (23/12/2019).KOMPAS.com/M LUKMAN PABRIYANTO Pengendara sepeda motor mengenakan jas hujan saat terjadi hujan di Jalan Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (22/12/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi dini cuaca ektrem yang akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada hari Minggu (22/12/2019), dan Senin (23/12/2019).

Sementara itu, khusus pengguna skutik penggunaan sandal jepit berisiko menyebabkan slip ketika kaki harus turun menjaga keseimbangan. 

"Saat berhenti di kemacetan atau lampu merah bisa terpleset, dan kaki malah terkilir," kata dia. 

Baca juga: Mitos atau Fakta, Air Masuk Lubang Knalpot Bikin Skutik Mogok?

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu mengatakan, sandal jepit tidak bisa melindungi mata kaki dan berisiko meningkatkan potensi cedera serius. 

"Terlebih ketika terjadi gesekan langsung dengan aspal, kaki berisiko terluka parah dan ujung mata kaki bisa mengalami fraktur," kata Jusri. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com