Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Dianggap Sepele, Talang Air Mobil Ternyata Punya Fungsi Penting

Kompas.com - 20/06/2022, 10:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksesoris berupa Door visor atau yang akrab dikenal dengan talang air pada mobil tidak hanya memiliki fungsi sebagai hiasan saja namun keberadaannya memiliki fungsi yang sangat bermanfaat.

Biasanya, alat ini dipasang pada bagian atas jendela dengan cara direkatkan pada bracket yang tersedia di atas panel pintu.

Selain membuat tampilan mobil lebih menarik, talang air pada mobil ternyata memiliki fungsi penting terutama saat musim hujan. Namun, tidak semua pemilik kendaraan paham akan fungsi dari aksesori tersebut.

Baca juga: Awas Macet, Ada Perbaikan Jalan di Tol Cipularang dan Purbaleunyi Malam Ini

Dealer Technical Support Dept. Head PT. Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, talang air mampu mencegah air masuk ke dalam kabin. Sehingga, berbagai tombol elektrik seperti panel yang menempel pada door trim terjaga tidak mengalami korsleting.

Selain itu, talang air memiliki fungsi untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari guyuran air saat hujan saat membuka jendela mobil.

Talang air untuk Honda HR-V Aditya Maulana, Otomania Talang air untuk Honda HR-V

“Jadi, air dari atap dibuang ke depan dan ke belakang supaya tidak mengguyur kaca bagian samping,” ujar Didi saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Talang air juga memiliki fungsi meredam suara dari bising jalanan. Sebab, aksesori ini bisa mengarahkan aliran udara pada mesin ketika bergerak.

Namun, ada hal yang perlu diingat sebelum memasang talang air. Menurut Indah Yuliana, Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang, pemasangan aksesori tersebut sebaiknya dilakukan oleh ahlinya atau yang berpengalaman.

Baca juga: CFMoto Kenalkan Motor Listrik Zeeho AE8, Calon Pesaing Yamaha E01

“Meski terkesan sederhana, pemasangan harus dilakukan pada ahlinya agar tidak terjadi kerusakan fungsi komponen lain dan hal-hal tak diinginkan lainnya,” kata Indah.

Bicara soal harga, talang air dibanderol dengan kisaran yang cukup terjangkau, mengingat aksesori ini tak butuh perawatan khusus. Rata-rata mulai dari Rp 250.000 sampai jutaan, tergantung dari jenis mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com