Kompas.com - 06/10/2022, 18:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Salah satu komponen penting pada mobil memasuki musim penghujan adalah wiper

Seperti diketahui, wiper memiliki fungsi untuk menyapu air di permukaan kaca agar visibilitas pengemudi tetap terjaga. 

Nah bicara soal perawatan, tak hanya karet wiper saja yang harus diperhatikan, tapi juga cairan yang terkadang banyak diabaikan, bahkan tabung reservoir sering dalam kondisi kosong. 

Secara aturan, isi ulang cairan wiper juga tak boleh sembarang asal ditambah air biasa atau mencampur sabun colek. Khawatirnya, hal tersebut bisa berdampak buruk terhadap kaca. 

Baca juga: Cara Hindari Jebakan Aquaplaning Saat Berkendara di Musim Hujan

Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto mengatakan, pengunaan cairan yang mengandung detergen shampoo atau sabun colek justru menyebabkan kaca menjadi buram. 

"Detergen akan menghasilkan banyak busa yang membuat visibilitas terganggu. Ketika kering, juga menimbulkan bercak noda putih di permukaan kaca," kata Bambang kepada Kompas.com, Kamis (6/10/2022). 

Wiper kaca mobil yang masih bagus, air bisa bersih dan tidak menempel di kacaDicky Aditya Wijaya Wiper kaca mobil yang masih bagus, air bisa bersih dan tidak menempel di kaca

Tak hanya itu, lubang washer juga bisa tersumbat lantaran detergen meninggalkan bekas kotoran ketika mengering. 

Efeknya, akan membuat semprotan carian wiper menjadi kecil, bahkan buntu tidak keluar sama sekali. 

"Kerak detergen yang kering akan bereaksi jadi seperti butiran-butiran pasir. Jumlahnya akan semakin banyak dan menumpuk, semprotan air wiper bisa mampet total," kata dia. 

Anjar Rosjadi, Research & Development (R&D) Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor mengatakan, mengisi cairan wiper sebaiknya menggunakan cairan khusus sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan. 

Baca juga: Rawan Celaka, Hati-hati Berkendara di Jalan Tol Saat Hujan

Model wiper frameless Dicky Aditya Wijaya Model wiper frameless

Ada kandungan pH yang lebih terkomposisi pada cairan khusus wiper. Multifungsi, bertugas menjaga kejernihan kaca mobil, lebih dari itu juga menjaga komponen lain, seperti lapisan kaca dan karet wiper sendiri.

"Cairan wiper yang bagus memberikan efek daun talas yang membuat air mudah sekali dibersihkan," kata dia.  

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.