Sudah Tahu Bagaimana Cara Sederhana Memeriksa Oli Pakai Dipstick?

Kompas.com - 06/10/2022, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Memeriksa oli mobil merupakan hal yang wajib dilakukan bagi setiap pemilik mobil. Bukan hanya dari lampu indikator, memeriksa ketersediaan oli mobil juga bisa menggunakan alat bernama dipstick.

Dipstick merupakan batangan besi berbentuk pipih yang umumnya disematkan oleh pabrikan mobil di sudut tabung oli mesin mobil. Untuk memeriksa ketersediaan oli, dipstick hanya perlu dicelupkan di wadah oli.

Baca juga: Jumlah Kepemilikan Mobil di Indonesia Tembus 20 Juta Unit

Namun, masih banyak yang keliru dan tidak tepat saat menggunakan alat ini. Alhasil, pemeriksaan oli menjadi tidak akurat.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan bahwa menggunakan dipstick sebenarnya mudah.

“Caranya mudah, dipstick oli biasanya berwarna kuning, tarik dipstick-nya sampai terlepas dari wadah oli. Nanti akan terlihat batasan ketinggian level oli atas dan bawah,” kata Didi kepada Kompas.com, Rabu (5/10/2022).

Keberadaan dipstick sebenarnya mudah dilihat begitu membuka kap mesin mobil. Biasanya, ujung dipstick berwarna kuning tertancap di area sekitar tabung oli.

Jika dipstick telah tercabut, bersihkan ujung bawah dipstick dengan menggunakan lap atau tissue. Cara ini agar indikator yang berada di dipstick tidak terhalang. Dengan begitu, lebih mudah digunakan untuk mengukur ketersediaan oli.

Dipstick oli pada mesin mobil(www.automobilexyz.com) Dipstick oli pada mesin mobil

“Setelah bersih, masukan dipstick kembali sampai masuk dengan sempurna, lalu diangkat kembali, dan akan terlihat oli yang menempel pada dipstick itu di level mana, kalau level bawah artinya perlu adanya penambahan oli,” kata Didi.

Baca juga: Cara Naik Motor Trail Buat Rider Mungil

Indikator volume oli pada dipstick dibagi menjadi tiga level, yaitu bila setelah dipstick dimasukkan dan ditarik, oli menempel pada level paling bawah, artinya volume oli sudah berkurang drastis. Maka dari itu, pemilik kendaraan dianjurkan untuk mengecek ke bengkel.  Posisi oli yang normal itu ada di tengah-tengah indikator dipstick. 

Kemudian, yang harus diperhatikan, mobil harus diparkir di tempat yang rata. Cara ini lebih akurat dalam menggunakan dipstick agar ketersediaan oli yang berada di dalam tabung tidak miring.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.