Alat Canggih yang Terpasang di Bus New Armada di Busworld SEA 2022

Kompas.com - 06/10/2022, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Teknologi Karya Digital Nusa (PT TKDN) bekerja sama dengan Karoseri New Armada pada penyelenggaraan Busworld South East Asia 2022 tanggal 5-7 Oktober 2022 di JIEXPO Kemayoran.

Hasil kerja sama yang dimaksud adalah bus New Armada yang dipasang teknologi canggih dari TAM Fleet (TKDN Advance Mobility Fleet) dari PT TKDN. Peralatan tersebut berisi perangkat IoT MDVR, CCTV, Blind Spot Detection, Advance Driver Assistant System, Driver Safety Monitoring, Multi Touch panel, dan Blackbox.

Masing-masing perangkat tersebut terintegrasi dalam sistem solusi management transit dan dilengkapi teknologi IoT terkini yang berfungsi sebagai sensor dan pengawasan yang terbukti meningkatkan keselamatan armada, penumpang dan pengemudi.

Baca juga: Deretan Bus Listrik di Busworld SEA 2022, Ada Buatan Lokal

Bus Skylander buatan Karoseri New ArmadaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus Skylander buatan Karoseri New Armada

Salah satu perangkat yang dipamerkan, yaitu Driver Safety Monitoring (DSM), dapat memberikan Driver Behavior Analysis untuk memantau perilaku pengemudi agar tidak melakukan pelanggaran selama armada beroperasi.

Begitu juga perangkat Blind Spot Detection yang menggunakan 3D depth camera with AI yang mampu mendeteksi keberadaan pejalan kaki maupun kendaraan disekitar armada dengan keakuratan mencapai 95 persen sehingga dapat meminimalisir kecelakaan lalu lintas.

Perangkat lain dari TAM Fleet seperti Advanced Driver Assistance System (ADAS) bahkan dapat memberikan peringatan awal jika armada kendaraan terdeteksi menyimpang dari jalur, melewati batas kecepatan ataupun jika terjadi potensi tabrakan depan.

Baca juga: Masa Berlaku SIM Bukan Berdasarkan Tanggal Lahir Lagi

Bus New Armada yang pakai sistem TAM FleetDOK. PT TKDN Bus New Armada yang pakai sistem TAM Fleet

“Sesuai dengan slogan yang diusung, 'Empowering Management Through Technology', PT TKDN mendukung pentingnya keselamatan armada demi peningkatan kualitas layanan melalui pemanfaatan teknologi berbasis IoT dan AI yang terintegrasi,” jelas David Santoso, Direktur Utama PT TKDN dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Rabu (5/10/2022).

Dua bus New Armada yang dipasangi TAM Fleet yakni bus medium baru Citouro dan flagship New Armada yakni Skylander R22.

Khusus Citouro Medium City Bus, hadir dengan keseluruhan desain "Modern & Dynamic Look" untuk menunjang dunia yang semakin modern dan dinamis. Tampilnya yang stylish dengan nuansa keseluruhan modern disertai "new headlight design" menambah kesan percaya diri pada siapapun yang melihat pada area fasia depan.

bodi bus Citouro buatan Karoseri New ArmadaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI bodi bus Citouro buatan Karoseri New Armada

Pada area samping tampil berbeda dengan side window graphic yang menyiratkan kesan dinamis sehingga area fasia belakang, disertai LED light side untuk menonjolkan keseluruhan kesan modern sebagai "Urban Transportation".

Tak hanya meningkatkan kualitas tampilan, Citouro Medium City Bus pun dilengkapi juga dengan teknologi TAM Fleet untuk meningkatkan kualitas layanan serta keselamatan armada dengan meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas.

“Kami berharap kerjasama ini semakin memperkuat New Armada dalam kontribusinya meningkatkan kualitas layanan yang dapat berdampak pada hidup masyarakat Indonesia,” tutup Charles Hugo Wahyadiyatmika, Managing Director Karoseri New Armada.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.