Kompas.com - 04/10/2022, 10:42 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Aki merupakan komponen vital pada kendaraan, sebab memiliki fungsi yang krusial yaitu sebagai penyuplai listrik.

Setiap mobil memiliki aki dengan ukuran dan spesifikasi yang berbeda-beda. Untuk mobil bertenaga bensin dengan mobil bermesin diesel pun akinya tidaklah sama.

Oleh sebab itu, saat pemilik mobil ingin melakukan penggantian aki pada mobil sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan. Melainkan harus sesuai dengan spesifikasi mobil.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan, perbedaan jenis aki antara mobil bensin dengan mobil diesel. Salah satunya dikarenakan daya yang dibutuhkan untuk menyalakan mesin pun berbeda.

Baca juga: Pebalap Gresini Racing Sempat Ketakutan Balapan di MotoGP Thailand

“Misalkan, di mesin diesel untuk memanaskan glow plug saat awal starter juga lebih besar,” ucap Didi kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Didi menambahkan, untuk beberapa mobil lawas atau mobil tua bahkan membutuhkan aki dengan spesifikasi ampere yang tinggi hingga mencapai 100 ampere.

Deretan jenis aki yang dijual di salah satu bengkel Shop And Drive di Depok, Jumat (9/3/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan jenis aki yang dijual di salah satu bengkel Shop And Drive di Depok, Jumat (9/3/2018).

“Untuk mesin lama yang membutuhkan waktu untuk memanaskan glow plug itu sampai 100 ampere. Kalau mesin sekarang relatif lebih kecil 70-an ampere saja,” kata Didi.

Baca juga: Tidak Bayar Pajak Bisa Kena Tilang, Berikut Aturan dan Sanksinya

Bagi yang sedang berencana membeli aki mobil dan mencari daftar harga aki mobil, tim redaksi sudah menyiapkan untuk Anda. Berikut harga aki mobil per Oktober 2022.

Harga Aki untuk Toyota Avanza, Toyota Rush, Daihatsu Xenia, Daihatsu Terios, Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra, Toyota Calya, Toyota Agya, Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander

  • GS Astra

NS60 45 Ah 12 V Rp 910.350
NS60S 45 Ah 12 V Rp 910.350
NS40 32 Ah 12 V Rp 859.000
NS40Z 35 Ah 12 V Rp 918.000
NS40ZL 35 Ah 12 V Rp 918.000

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.