Banyak Sentimen Negatif, Ekspor Aki Minus Sampai 50 Persen

Kompas.com - 29/09/2022, 20:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah sentimen negatif pada industri otomotif yang terjadi beberapa tahun belakangan, berdampak terhadap aktivitas ekspor komponen buatan dalam negeri.

Salah satunya ialah aki Massiv yang berada dalam naungan PT Trimitra Baterai Prakasa (TBP) dan sudah diekspor ke Inggris atau Uni Eropa, Ausralia, Arab Saudi, Yaman, Vietnam, Kenya, Sudan, sampai Argentina.

Beberapa sentimen negatif tersebut, sebagaimana dijelaskan Heru Darmawan, Quality Assurance Department Head TBP, ialah pandemi Covid-19 dan perang Rusia-Ukraina.

Baca juga: IIMS 2023 Bakal Usung Konsep Baru

Pembuatan Aki Massiv di pabrik yang berlokasi di Cilincing, Jakarta UtaraJanlika Putri/ Kompas.com Pembuatan Aki Massiv di pabrik yang berlokasi di Cilincing, Jakarta Utara

"Kami memiliki kapasitas lima juta unit per-tahun yang terdiri dari berbagai merek. Komposisinya, 65-70 persen untuk memenuhi kebutuhan ekspor dan 35 persen untuk dalam negeri," kata dia di Jakarta, Kamis (29/9/2022).??

"Namun karena adanya pandemi dan perang Ukraina-Rusia, kini komposisi itu menjadi hampir sama. Sebab, negara tujuan ekspor kami banyak dari Eropa. Ini penurunannya sampai 50 persen," lanjut Heru.

Hal tersebut dikarenakan anggaran belanja masyarakat di Eropa terjadi suatu peralihan. Sehingga mengakibatkan volume penjualan di luar negeri berkurang drastis.

Dalam upaya menanggulanginya, maka pabrikan berusaha untuk maksimalkan pemenuhan pasar di dalam negeri. Jadi, kegiatan produksi dan distribusi tidak ada yang terbuang atau tetap maksimal.

Baca juga: Kapan Waktu Tepat Ganti Minyak Rem Skutik?

Launching Aki Massiv HybridKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Launching Aki Massiv Hybrid

"Boro-boro mereka beli aki, untuk kebutuhan harian saat musim dingin nanti aja sudah pusing. Positifnya, kita bisa memaksimalkan pemenuhan di pasar dalam negeri," kata dia.

Sebagai salah satu strategi perseroan meningkatkan penetrasi di pasar dalam negeri, diluncurkan suatu produk baru yang sudah disesuaikan dengan rata-rata kebutuhan Indonesia, yaitu Massiv Hybrid.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.