Korlantas Polri Luncurkan Mobil Komando untuk Pantau Situasi Lalin

Kompas.com - 26/09/2022, 18:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Korlantas Polri resmi meluncurkan mobil komando dengan perangkat canggih, untuk dijadikan pusat kendali informasi lalu lintas di seluruh Indonesia.

Nantinya, mobil ini dapat memantau CCTV yang ada di seluruh Indonesia. Mobil tersebut juga dilengkapi dengan TVU, membuatnya mampu melakukan siaran langsung kepada masyarakat terkait informasi lalu lintas terkini.

Misalnya, saat terjadi kemacetan di suatu wilayah. Pihak kepolisian dapat memantau dan memberikan informasi tersebut kepada masyarakat secara langsung.

Baca juga: Korlantas Polri Ubah Mercedes-Benz Sprinter Jadi Mobil Komando

Hal ini disampaikan oleh Kasubbag Analisa Pengembangan Sistem dan Teknologi Bagtik Korlantas Polri AKBP Dwi Susanto.

"Ini pengembangan dari National Traffic Monitoring Center. Di mana kalau NTMC itu stasioner, kemudian yang kendaraan ini fungsinya sama tapi ini secara mobile," ucap Dwi dalam siaran di kanal YouTube NTMC Polri, Senin (26/9/2022).

Dengan adanya mobil komando ini, pemantauan dan komunikasi terkait situasi lalu lintas bisa digunakan di mana saja. 

Mobil komando Korlantas Polri yang menggunakan basis Mercedes-Benz SprinterDok. NTMC Polri Mobil komando Korlantas Polri yang menggunakan basis Mercedes-Benz Sprinter

"Untuk dalam waktu dekat ini akan kita gunakan untuk kegiatan G20, untuk memantau arus lalu lintas pada saat kegiatan G20," ucap dia.

Saat ini, baru ada satu unit mobil komando yang rencananya akan digunakan untuk memantau situasi lalu lintas selama perhelatan G20 di Bali pada November 2022 mendatang.

Baca juga: Catat, Ini Akses 28 Gerbang Tol di Jakarta yang Kena Ganjil Genap

Dwi berharap, Korlantas Polri terus berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

Sebagai informasi, mobil yang digunakan sebagai mobil komando tersebut adalah Mercedez-Benz Sprinter. Ada dua varian yang tersedia dan dijual secara umum, yaitu 315 CDI A2 dan 315 CDI A3. Perbedaannya terletak pada dimensi dan kapasitas penumpang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.