Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahaya, Jangan Sampai Tikus Masuk ke Kap Mesin Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah mobil Daihatsu Xenia milik Lina (37) warga Desa Gesikan, Kecamatan Kebumen, Jawa Tengah, ludes terbakar, Sabtu (17/9/2022).

Pangkal masalah kebakaran yang menimpa mobil bergenre LMPV tersebut, diduga akibat korsleting listrik dari kabel yang digigit tikus.

Kasubsi Penmas Polres Kebumen, Aiptu S Catur Nugraha menjelaskan, percikan api muncul pertama kali ketika orang tua Lina, Paryono (60) hendak memanasi mesin mobil. 

"Saat sedang memanaskan mesin mobil, sebelum terjadi kebakaran sempat tercium bau gosong dari arah mobil," kata Catur dikutip Kompas.com, Senin (19/9/2022). 

Belajar dari kejadian tersebut, pemilik mobil wajib mengetahui bila hewan pengerat seperti tikus suka menyelinap ke bagian kap mesin. Apalagi bila mobil parkir di tempat yang kotor. 

Jika terlanjur, kabel-kabel penting bakal menjadi sasaran bagi tikus, imbasnya, kelistrikan mobil jadi kacau bahkan berujung korsleting. 

"Fungsi kelistrikan dan sensor-sensor bisa terganggu. Mobil bisa mogok atau terparah bisa terbakar," ujar Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Division Service PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Senin (19/9/2022) Kompas.com. 

Kabel-kabel kelistrikan tugasnya mengalirkan arus ke masing-masing komponen. Putus satu saja maka bisa menggangu kelistrikan.

Hal tersebut karena semua rangkaian terkoneksi. Terparah, kabel yang mengalami korsleting bisa jadi dalang kebakaran. Karena itu, perlu waspada terhadap bau gosong yang tiba-tiba muncul. 

Bambang menyarankan, pemilik mobil harus menjaga kebersihan kendaraanya. Tempat-tempat kotor seperti kap mesin, kolong, dan celah roda jadi sarang persembunyian tikus. 

“Bersihkan mobil dari sisa makanan karena akan mengundang tikus datang. Kemudian hindari parkir mobil di samping tempat yang banyak makanan sisa misal tempat sampah, pasar dan lainnya,” kata Bambang.

 

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/19/133100915/bahaya-jangan-sampai-tikus-masuk-ke-kap-mesin-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke