Kompas.com - 14/04/2022, 15:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com— Kehadiran tikus yang masuk ke mobil menjadi permasalah yang kerap mengganggu. Binatang pengerat ini selalu merusak komponen –komponen yang ada di mobil.

Mulai dari menggigit komponen kelistrikan, menggigit komponen mobil yang terbuat dari plastik, bahkan membuat sarang di bagian ruang mesin. Hal ini tentunya membuat pemilik mobil jengkel dengan ulah tikus.

Komponen mobil akan mudah konslet dan rusak sehingga mengganggu performa mobil. Bahkan kabel komponen kelistrikan dapat putus di gigit tikus yang mengakibatkan mesin mobil mati.

Baca juga: Terlibat Kecelakaan Jangan Asal Kabur, Apalagi Tabrak Lari

Mau tidak mau, pemilik mobil harus menggelontorkan dana yang tidak sedikit untuk memperbaiki komponen mobil yang rusak digigit tikus.

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Division Service PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan pemilik mobil harus mencegah kedatangan tikus ke mobil guna melindungi kendaraan.

“Ada beberapa tips atau cara sederhana agar tikus tidak  masuk mobil menggigit kabel-kabel di kendaraan. Salah satunya yaitu rutin membersihkan mobil dari sisa makanan,” kata Bambang baru-baru ini pada Kompas.com.

Kondisi kabel mobil yang putus karena digigit tikus. Kejadian ini sering terjadi lantaran tikus menjadikan ruang mesin mobil sebagai sarangnya.(Ari Purnomo)Ari Purnomo Kondisi kabel mobil yang putus karena digigit tikus. Kejadian ini sering terjadi lantaran tikus menjadikan ruang mesin mobil sebagai sarangnya.(Ari Purnomo)

Mobil yang jarang dibersihkan, terutama banyak sampah sisa makanan yang ditinggalkan di dalam kabin akan mengundang tikus datang. Maka dari itu, pemilik mobil harus selalu memastikan mobil bersih agar tidak menjadi habitat yang tikus gemari.

Bambang menyebutkan, cara lainnya adalah jangan membiarkan mobil parkir dalam kondisi lama.

Meskipun jarang dipakai, sesekali lokasi parkir mobil harus dipindah. Jika terlalu lama dibiarkan di tempat yang sama, tikus akan menjadikan mobil sebagai sarang barunya.

Baca juga: Komparasi Royal Alloy TG150 dan Vespa GTS Super 150

“Kemudian, hindari parkir mobil di samping tempat yang banyak makanan sisa. Misal tempat sampah, pasar dan sebagainya. Ada banyak tikus yang berkeliaran di sana yang kemungkinan akan ikut masuk ke mobil,” kata Bambang.

Kalau sudah ada indikasi ada tikus yang bersarang di mobil, pemilik kendaraan harus segera mengusir tikus agar tidak bersarang di mobil.

“Mobil yang sudah terindikasi terdapat tikus di dalamnya bisa diberi kapur barus atau wewangian supaya pergi dari mobil,” kata Bambang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.