Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Triton Buktikan Ketangguhan di Pertambangan dan Perkebunan

Kompas.com - 19/09/2022, 12:31 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu pilihan mobil niaga ringan yang banyak diandalkan konsumen di Indonesia adalah Mitsubishi Triton. Sebab, mobil pikap ini diakui cukup tangguh digunakan di area pertambangan dan perkebunan.

Pada data yang dimiliki oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), tercatat ada 1.511 unit double cabin yang terjual di Indonesia. Sebanyak 843 unit merupakan kontribusi dari Triton.

Baca juga: Mitsubishi Triton Akan Berlaga di AXCR 2022, Layakkah Dilirik Segmen Hobi?

Dengan demikian, Triton tercatat sebagai double cabin terlaris pada Juli 2022. Padahal, pada bulan sebelumnya, Triton hanya terjual sebanyak 9 unit.

Mitsubishi Triton Euro 4MMKSI Mitsubishi Triton Euro 4

Triton sendiri sekarang sudah memiliki standar emisi Euro 4. Mitsubishi membekalinya dengan mesin diesel 4N15 (2.4 L) MIVEC dan 4D56 (2.5 L). Kedua mesin tersebut dilengkapi dengan Intercooler dan Turbocharger Direct Injection Diesel.

Dapur pacu 4N15 diklaim mampu menghasilkan tenaga 181 Ps atau 178,4 tk pada 3.500 rpm, dan torsi sebesar 430 Nm pada 2.500 rpm.

Baca juga: Double Cabin Terlaris Juli 2022, Triton Salip Hilux dan D-Max

Selain mesin yang bertenaga, Triton juga memiliki daya angkut yang besar dan jarak terendah ke tanah yang ideal untuk dibawa ke area pertambangan dan perkebunan.

Konsep Triton Ralliart di GIIAS 2022Kompas.com/ Muhammad Fathan Radityasani Konsep Triton Ralliart di GIIAS 2022

Irwan Kuncoro, Director of Sales and Marketing Division PT PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mengatakan, banyak orang bilang mobil ini sebagai work horse, kuda untuk kerja keras.

"Triton sendiri di pasar sudah mendominasi sekitar 60 persen sudah cukup terbukti untuk dipakai di medan ekstrem pertambangan dan perkebunan," ujar Irwan belum lama ini.

Test Drive Mitsubishi TritonKOMPAS.com/ADITYO WISNU PRABOWO Test Drive Mitsubishi Triton

Irwan menambahkan, ketangguhan Triton juga dibuktikan dalam ajang balap reli. Sehingga, memperkuat brand image bahwa Mitsubishi memang tangguh.

Untuk diketahui, Mitsubishi Triton Ralliart dicanangkan menjadi salah satu kendaraan yang akan berlaga di Asian Cross Country Rally (AXCR) 2022. Dalam ajang balap ini, tidak hanya soal performa yang ditekankan, tapi juga masalah ketahanan atau endurance.

Konsep Triton Ralliart di GIIAS 2022Kompas.com/ Muhammad Fathan Radityasani Konsep Triton Ralliart di GIIAS 2022

Pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, Mitsubishi juga sudah memajang Triton Ralliart. Mobil tersebut telah melakukan serangkaian uji coba ketahan di rute off-road di Thailand pada 27-19 Juni 2022.

Triton Ralliart ini juga sudah diklasifikasikan sebagai sebuah mobil reli Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) yang digolongkan pada Group T1 (prototipe kendaraan lintas alam).

Untuk harga, Triton dipasarakan mulai dari Rp 407,45 juta sampai Rp 496,8 juta untuk model tertinggi, yakni Ultimate AT Doubel Cabin 4WD. Banderol tersebut berlaku untuk wilayah Jabodetabek pada bulan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com