Kompas.com - 18/09/2022, 15:42 WIB
|

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Rack steer adalah komponen mobil yang bertugas mengubah gaya putar roda kemudi menjadi gaya dorong ke kanan-kiri untuk mengarahkan laju kendaraan.

Komponen tersebut dijumpai sering rusak, baik itu berupa bunyi oblak, bengkok porosnya, bahkan bocor bagian hidrolisnya.

Dari informasi, kabarnya mobil yang jarang melakukan spooring bisa mengalami kerusakan pada sektor kaki-kaki, apakah rack steer juga termasuk?

Baca juga: Perilaku Mengemudi seperti Ini Bisa Bikin Rack Steer Cepat Aus

Ilustrasi Elektrik Power SteeringGUIDEAUTOWEB.com Ilustrasi Elektrik Power Steering

Pemilik Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun Hardi Wibowo mengatakan, mobil yang jarang melakukan spooring cenderung lebih mudah mengalami kerusakan pada rack steer dan komponen pelengkapnya.

“Jika mobil jarang melakukan spooring, kaki-kaki cenderung lebih mudah rusak khususnya pada bagian rack steer, tie rod, ball join, itu karena tanpa spooring yang baik, sudut-sudut roda akan berubah dan itu memicu kerusakan,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Sabtu (17/9/2022).

Dia mengatakan ketika sudut-sudut roda berubah, bisa saja membuat laju kendaraan tidak stabil, bisa larinya narik ke kanan atau ke kiri padahal roda kemudi lurus.

Baca juga: Kapan Waktu Tepat Melakukan Spooring dan Balancing?

Empat komponen, Electronic Power Steering (EPS), yaitu 1. EPS control unit. 2. EPS motor and resolver. 3. Reduction gear. 4. Torque sensor.autoserviceprofessional.com Empat komponen, Electronic Power Steering (EPS), yaitu 1. EPS control unit. 2. EPS motor and resolver. 3. Reduction gear. 4. Torque sensor.

“Roda kemudi mungkin lurus tapi laju kendaraan melaju tidak lurus, bisa narik ke kanan dan kiri, itu tentu saja membuat kaki-kaki kerja keras, khususnya rack steer sebagai pengontrol roda depan,” ucap Hardi.

Hardi juga mengatakan, mobil yang jarang melakukan spooring bisa saja bergetar saat sedang melaju, hal itu tentu bisa memicu kerusakan pada rack steer.

“Sudut roda yang tidak benar bisa juga menyebabkan laju kendaraan bergetar, getaran itu akan memicu kerusakan pada rack steer. Sering dijumpai rack steer, tie rod, ball join itu oblak karena muncul celah,” ucap Hardi.

Baca juga: Bolehkah Melakukan Spooring Tanpa Balancing?

Power steering hidraulik.toyotazone.co.za Power steering hidraulik.

Jadi, antara spooring dan kondisi kaki-kaki khususnya rack steer, memiliki ikatan yang sangat dekat karena keduanya saling mempengaruhi kualitas berkendara ada suatu mobil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.