Kompas.com - 17/09/2022, 15:01 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Rack steer merupakan komponen yang mengubah gaya putar dari roda kemudi menjadi gaya dorong ke kanan dan ke kiri untuk mengubah arah roda pada mobil.

Komponen ini terdiri dari gigi pinion, poros rack, dan tie rod serta komponen pendukung lainnya yang menyatu yang biasa disebut rack steer assy.

Banyak pengendara mengeluhkan rack steer bunyi seiring usia pemakaian, tetapi ada juga mobil yang memiliki rack steer awet. Padahal, keawetan komponen tersebut bisa diperoleh karena perilaku berkendara yang baik.

Baca juga: Begini Posisi Terbaik Pegang Kemudi Mobil

Power steering hidraulik.toyotazone.co.za Power steering hidraulik.

Pemilik Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun Hardi Wibowo mengatakan, beberapa perilaku mengemudi bisa menyebabkan rack steer cepat rusak.

“Melewati jalan keriting atau jelek bisa membuat rack steer cepat rusak, karena getaran yang sering terjadi tersebut bisa menimbulkan celah, bisa dari rack dengan gigi pinion, ball join, tie rod, itu bisa menyebabkan bunyi oblak,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Sabtu (17/9/2022).

Dia mengatakan, celah tersebut bisa diminimalisasi dengan melakukan spooring, sehingga kerusakan atau getaran tidak semakin parah.

Baca juga: Kemudi Mobil Terasa Berat, Cek Empat Komponen Berikut

Empat komponen, Electronic Power Steering (EPS), yaitu 1. EPS control unit. 2. EPS motor and resolver. 3. Reduction gear. 4. Torque sensor.autoserviceprofessional.com Empat komponen, Electronic Power Steering (EPS), yaitu 1. EPS control unit. 2. EPS motor and resolver. 3. Reduction gear. 4. Torque sensor.

“Selain itu, menerjang banjir juga bisa menyebabkan internal rack steer karatan, itu bisa membuat rack steer cepat aus,” ucap Hardi.

Dia menjelaskan, jika mobil sering melewati genangan akan mudah mengalami karatan pada bagian dalam rack steernya. Itu bisa diatasi dengan melakukan pelumasan di bengkel kepercayaan agar karat tidak menyebabkan kerusakan semakin parah.

Jadi, rack steer rusak dikarenakan oleh rangkaian kejadian yang cukup panjang, jika tidak karena kejadian kecelakaan yang cukup parah tidak akan rusak seketika.

Namun, dari kebiasaan menerjang banjir, melibas jalanan keriting dengan kecepatan tinggi bisa menyebabkan kerusakan pada rack steer lebih cepat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.