Kompas.com - 16/09/2022, 18:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) akhirnya angkat bicara terkait video viral di media sosial soal cat Gravity Gold Matte pada Ioniq 5 yang mengelupas ketika dilepas menggunakan lakban.

Menurut Makmur, Chief Operating Officer PT HMID, kondisi tersebut terjadi bukan karena masalah cat, dan tidak semua produk Ioniq 5 dengan kelir Gravity Gold Matte mengalami hal tersebut.

"Cat tidak ada masalah. Tidak semua Ioniq dengan warna itu mengalami hal seperti itu, hanya beberapa saja. Sejauh ini yang sudah ada di media sosial saja, jadi kalau ada konsumen kejadian seperti itu, silakan info ke diler karena ada garansi juga," ujar Makmur, kepada Kompas.com, Jumat (16/9/2022).

Baca juga: Soal Cat Ioniq 5 Mengelupas, YLKI Sarankan Hyundai Melakukan Recall

Ketika ditanya soal akar masalahnya, Makmur enggan untuk memberikan penjelasan lebih lanjut. Dia hanya menjelaskan saat proses produksi semua produknya sudah melewati quality control atau (QC).

Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (13/8/2022).KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (13/8/2022).

Bahkan terkait cat yang digunakan pada mobil listriknya di Indonesia, Makmur menjamin memiliki standar yang sama dengan global.

"Cat kita pakai kualitas yang sama dengan global, dan ini juga jadi bahan yang sudah kita infokan ke global bila ada kejadian seperti ini," ujar Makmur.

"Ada cat dasar, setelah itu cat mobil, dan setelah itu kan lapisannya, nah tidak bisa dibilang apakah itu lapisan atau apanya (yang mengelupas). Intinya kalau ada konsumen dengan masalah yang sama infokan ke diler nanti kita bereskan, sama seperti dua konsumen kami sebelumnya, sudah tidak ada masalah," katanya.

Baca juga: Hyundai Redam Keresahan Cacat Produksi Ioniq 5 via Media Sosial

Seperti diketahui, sebelumnya sempat viral terkait video mengelupasnya cat Hyundai Ioniq 5 milik salah satu konsumen bernama Bernard. Kejadiannya, lantaran pemilik ingin melapisi door seal plate menggunakan lakban agar tak tergores.

Foto stok: Mobil listrik Hyundai Ioniq 5.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Foto stok: Mobil listrik Hyundai Ioniq 5.

Tapi saat dilepas, ternyata ada sebagian cat yang ikut terangkat dan melekat pada lakban. Sontak kejadian tersebut langsung mendatangkan ragam tanda tanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.