Populasi Kendaraan Listrik di Indonesia Tembus 15.854 Unit

Kompas.com - 16/09/2022, 16:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Kendaraan listrik saat ini tengah menjadi ekosistem yang pamornya sedang menanjak di Indonesia.

Pamor kendaraan listrik juga kian terdengar seiring program elektrifikasi kendaraan yang dikampanyekan oleh Pemerintah.

Baca juga: Pilihan Mobil Listrik Premium yang Dijual di Indonesia

Kendati popularitas kendaraan listrik masih ada beberapa hambatan, namun beberapa pabrikan kendaraan turut bersaing dalam meluncurkan produk kendaraan listrik.

Berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Perhubungan Darat per Februari 2022 yang diterima oleh Kompas.com, total kendaraan listrik di Indonesia ada 15.854 unit.

Torehan tersebut dari jumlah kendaraan berdasarkan Sertifikat Uji Tipe (SUT) 145 unit dan juga Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) 15.709 unit.

Jika dirincikan, mobil listrik untuk penumpang roda empat yang sudah mendapatkan SUT ada 58 unit dan yang sudah mendapatkan SRUT yaitu 1.819 unit.

Pengadaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama di Belitung untuk mendukung Development Ministerial Meeting (DMM) G20, 7-9 September 2022.KOMPAS.com/HERU DAHNUR Pengadaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama di Belitung untuk mendukung Development Ministerial Meeting (DMM) G20, 7-9 September 2022.

Kemudian kendaraan listrik roda tiga dengan SUT ada 6 unit, dan untuk yang sudah mendapatkan SRUT yaitu 220 unit.

Lalu untuk total motor listrik yaitu ada 13.708 unit yang mana 63 unit sudah mendapatkan SUT dan 13.645 sudah mendapatkan SRUT. Bus listrik dengan SUT ada 11 unit dan bus listrik dengan SRUT ada 14 unit.

Baca juga: Penjualan Motor Tahun Ini Diprediksi Bisa Tembus 5,4 Juta Unit

Mobil barang dengan tenaga listrik ada yang telah mendapatkan SUT ada 1 unit, lalu yang telah mendapatkan SRUT yaitu 6 unit.

Sementara itu untuk landasan bus listrik ada 4 unit dengan SUT dan 5 unit dengan SRUT. Kemudian landasan mobil barang bertenaga listrik ada 2 unit yang sudah mendapatkan SUT, namun belum terdata yang sudah mendapatkan SRUT.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.