Kompas.com - 13/09/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Rush GR Sport termasuk ke dalam kategori low sport utility vehicle (LSUV). Dari segi performa dan kenyamanan, mobil ini cocok untuk digunakan sebagai kendaraan harian di perkotaan.

Untuk mobil harian, tentu performa harus terus dijaga agar tetap optimal dalam menemani setiap kegiatan. Jangan sampai mobil mengalami masalah atau bahkan mogok di tengah perjalanan.

Penting bagi pemilik mobil untuk melakukan perawatan rutin. Bagi pemilik mobil baru, maka sangat disarankan untuk melakukannya di bengkel resmi.

Baca juga: Konsumsi BBM Toyota Rush GR Sport, Bisa Beda Saat Pakai ISS

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, bahwa jangka waktu untuk servis pertama mobil baru memang dilakukan lebih cepat.

Toyota Rush GR SportKompas.com/Donny Toyota Rush GR Sport

“Servis pertama mobil baru dilakukan untuk pengecekkan semua bagian, apakah ada malafungsi atau kelainan termasuk mesin, rem serta komponen lainnya,” ujar Didi, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Didi mengatakan, untuk servis pertama, pemilik kendaraan tidak melakukan pergantian oli mesin. Mekanik hanya melakukan pemeriksaan saja.

Penting untuk diingat, servis pertama juga menjadi syarat dari garansi. Jika pemilik lalai atau sengaja tidak mengikutinya, maka garansi bisa saja tidak berlaku.

Baca juga: Deretan Fitur Unggulan Toyota Rush GR Sport

Toyota menyarankan untuk setiap pemilik mobil melakukan servis berkala setiap enam bulan. Sehingga, performa mesin dan komponen lainnya dapat terjaga. Untuk servis pertama hingga servis keenam, Toyota juga memberikan gratis biaya jasa.

Mesin Toyota Rush GR SportKompas.com/Donny Mesin Toyota Rush GR Sport

Servis Pertama
Servis pertama dilakukan pada saat mobil mencapai 1.000 km. Komponen yang diperiksa meliputi aki, sasis kendaraan, freon, kandungan gas buang, klakson, kondisi ban, kekencangan baut, lampu-lampu, minyak power steering, oli mesin, sistem pengereman, sistem pendingin mesin, tali kipas, dan wiper serta washer. Belum ada pergantian komponen, maka masih gratis.

Servis Kedua
Servis kedua dilakukan saat mobil mencapai 10.000 km atau enam bulan, tergantung mana yang dicapai lebih dulu. Pemeriksaannya sama seperti pada servis pertama, tapi ada tambahan, yakni sistem pembakaran dan pengecekan saringan udara. Sedangkan komponen yang diganti, mulai gasket, oli mesin, dan saringan oli. Biaya yang dikeluarkan sebesar Rp 543.000.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.