Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Akhir Pekan, Kendaraan Pribadi Dilarang Lewat Kawasan Tebet Eco Park

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap akhir pekan, kawasan Tebet Eco Park yang ditetapkan sebagai area low emission zone (LEZ) atau kawasan rendah emisi, tidak bisa dilintas oleh sembarangan kendaraan.

Selain akhir pekan, kebijakan ini juga diberlakukan pada hari libur nasional. Kendaraan pribadi selain milik warga setempat dilarang melintasi Jalan Tebet Timur Raya dan Jalan Tebet Barat Raya.

Kebijakan ini berlaku setiap hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional, mulai dari pukul 07.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB.

Selama diberlakukannya kawasan rendah emisi (KRE) di kawasan Tebet Eco Park, yang boleh melintas adalah warga berstiker khusus KRE, angkutan umum, dan sepeda.

Pengunjung disarankan untuk menggunakan kendaraan umum jika ingin berkunjung di waktu-waktu tersebut.

Jika menggunakan KRL, pengunjung bisa turun di Stasiun Tebet, keluar di Plaza Barat, kemudian dilanjutkan dengan naik Mikrotrans Jak-18 jurusan stasiun Kalibata-Kuningan.

Atau turun di Stasiun Cawang, dilanjutkan dengan berjalan kaki atau bersepeda dengan jarak kurang lebih 500 meter, atau naik Jak 43 TEP (Stasiun Cawang - Tebet Eco Park).

Untuk TransJakarta, pengunjung bisa naik di koridor 7D, 9, 9A, 9C, atau 13F. Lalu, turun di Halte Tebet Eco Park, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki atau bersepeda dengan jarak kira-kira 300 meter dari area Tebet Eco Park.

Jika membawa kendaraan, ada sejumlah area parkir yang tersedia. Dilansir dari laman Instagram @tebetecopark, berikut ini lokasi parkir pengunjung Tebet Eco Park:

  • Sarana Jaya. Kapasitas 80 mobil, 432 motor, 5 bus
  • Gedung Graha Pratama. Kapasitas 100 mobil, 150 motor
  • Gedung Wisam Pede. Kapasitas 100 mobil, 150 motor
  • SPBU 31-128. Kapasitas 20 mobil, 50 motor
  • SMPN 73. Kapasitas 50 mobil, 200 motor

Sebagai informasi, kawasan rendah emisi di kawasan Tebet Eco Park telah diberlakukan sejak 15 Agustus 2022 yang lalu. Skema ini diberlakukan dengan tujuan untuk mengurangi emisi yang ditimbulkan kendaraan bermotor, dengan cara membatasi mobilitasnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/11/082100515/akhir-pekan-kendaraan-pribadi-dilarang-lewat-kawasan-tebet-eco-park

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke