Kompas.com - 06/09/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Membeli mobil bekas hingga saat ini masih menjadi hal yang digandrungi oleh banyak orang.

Bahkan, jual beli mobil bekas jadi alternatif dalam mewujudkan membeli kendaraan impian dengan harga yang miring.

Namun, jika ingin mendapatkan mobil bekas yang sesuai dengan harga, calon pembeli mobil bekas hendaknya wajib mengetahui lebih teliti akan banyak hal.

Baca juga: Cara Aman Membeli Mobil Bekas dari Tangan Kedua

Banyak istilah-istilah asing yang sering digunakan oleh pedagang jual beli mobil bekas. Salah satunya yaitu istilah mobil bekas dengan faktur lengkap.

Bayu, salah satu staf dari diler mobil bekas Mobil88 menyebutkan jika faktur lengkap mengacu pada dokumen lengkap pembelian mobil.


“Dokumen lengkap artinya mobil bekas memiliki STNK, BPKB, faktur pembelian, NIK dan Form A untuk mobil CBU,” kata Bayu kepada Kompas.com, Selasa (6/9/2022).

Penjual mobil bekas kerap menyebutkan faktur lengkap sebagai iming-iming kendaraan dalam keadaan baik. Pada dasarnya, faktur lengkap dimaksudkan kalau identitas mobil bekas yang ditawarkan punya riwayat yang jelas, bahkan sampai lembar pemesanan konsumen pertama dari diler.

Bahkan, dengan istilah ini membuat mobil bekas seakan menjadi paling yang unggul sehingga mematok dengan harga tinggi.

Baca juga: Benarkah Mobil Bekas Pemilik Wanita Punya Harga Tinggi?

Bursa Mobil Bekas Telomoyo (BMB) SemarangBursa Mobil Bekas Telomoyo (BMB) Bursa Mobil Bekas Telomoyo (BMB) Semarang

Namun, meskipun mobil bekas punya dokumen lengkap sampai faktur pembelian, tetap saja  tidak dapat menjadi acuan kendaraan pasti dalam keadaan baik. Calon pembeli tetap harus memeriksa kondisi mobil bekas.

Selain itu, praktik para pedagang mobil bekas ini juga cerdik kalau tidak mau disebut licik. Permasalahan kelengkapan faktur pembelian ini bahkan sampai bisa menaikkan harga mobil bekas, sampai selisih jutaan rupiah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.