Kompas.com - 01/09/2022, 17:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertama kali diluncurkan pada 2008, Daihatsu akhirnya melakukan penyegaran pada Gran Max belum lama ini. Mobil yang banyak dijadikan armada untuk berbisnis ini sudah dibekali dengan mesin baru.

Gran Max sekarang mengandalkan mesin 1.5 L dengan kode 2NR-VE. Sebelumnya, Gran Max dibekali dengan mesin 1.5 L berkode 3SZ-VE. Soal performa, ketangguhan, dan efisiensi BBM, mesin 2N-VE sudah dibuktikan pada Xenia dan Terios.

Baca juga: Ribuan Daihatsu Gran Max Diekspor ke Negara Lain Tiap Bulan

Dengan berubahnya mesin yang digunakan menjadi semakin modern, tentunya perawatan yang perlu dilakukan juga berbeda.

Mesin Daihatsu Gran Max 2022Kompas.com/Donny Mesin Daihatsu Gran Max 2022

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, dalam perubahan mesin ini, ada beberapa hal yang berubah. Misalnya, oli power steering sudah tidak ada.

"Lalu, busi yang tadinya ganti setiap 20.000 km, sekarang 100.000 km. Kemudian, pembersihan ISC juga sekarang tidak ada. Demikian juga coolant, tadinya tiap 40.000 km dan sekarang tidak ada," ujar Bambang, saat peluncuran Gran Max, belum lama ini.

Baca juga: Alasan Daihatsu Mengabaikan Ubahan Eksterior Gran Max Terbaru

Bambang menambahkan, jika dibandingkan biaya perawatannya dengan model sebelumnya, memang sedikit lebih mahal, untuk nol sampai 100.000 km.

Daihatsu Gran Max dapat penyegaran dengan mesin 1.5 L terbaruKompas.com/Donny Daihatsu Gran Max dapat penyegaran dengan mesin 1.5 L terbaru

"Tapi, pada produk ini kita kasih program. Untuk 30.000 km atau 2 tahun, itu gratis baik material, jasa, atau suku cadangnya. Jadi, cukup beli bensin saja, dan silakan berbisnis," kata Bambang.

Saat ini, Daihatsu memasarkan Gran Max dengan beragam varian mulai Rp 150,5 juta (OTR Jakarta) hingga Rp 213,8 juta (OTR Jakarta).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.