Kompas.com - 31/08/2022, 10:42 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Tak sedikit pemilik kendaraanyang resah mendengar kabar kenaikan harga BBM, terutama untuk Pertalite yang masuk kategori subsidi.

Meski sudah ada sinyal, namun pemerintah belum memberikan kepastian soal jadi atau tidaknya harga bahan bakar naik. 

Namun, pemilik kendaraan baiknya mulai melakukan lengkah-langkah efisiensi. Seperti memperhatikan gaya mengemudi, sampai yang tak kalah penting adalah soal perawatan wajib kendaraan. 

Lantas komponen apa sajakah yang harus diperhatikan?

Baca juga: Isi BBM di SPBU, Baiknya Pakai Hitungan Liter atau Rupiah?

Menurut Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto, konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bisa tetap dijaga asalkan memperhatikan kondisi daru empat komponen utama, yakni :

Boks filter udara Toyota AvanzaDok. YouTube Andiazuno Boks filter udara Toyota Avanza

Filter udara mobil yang kotor bisa menyebabkan bahan bakar jadi boros. Pemilik mobil juga merasakan akselerasi tenaga mesin menjadi loyo.

Karena itu, Bambang menyarankan perlunya pergantian filter udara setiap 10.000 - 15.000 kilometer (km), mempertimbangkan kondisi yang ada. 

"Pasokan kebutuhan udara dan campuran bahan bakar minyak (BBM) tidak seimbang. Agar pembakaran mesin tetap normal ECU memerintahkan suplai bahan bakar ditambah," kata Bambang kepada Kompas.com, belum lama ini. 

Busi NGKNGK Busi NGK

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.