Kompas.com - 26/08/2022, 14:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Banyak mobil baru sudah mengusung fitur pengereman dengan anti-lock braking system (ABS).

Hadirnya fitur tersebut membuat sistem pengereman pada mobil menjadi lebih aman lantaran menghindari kemungkinan roda terkunci. 

Seperti diketahui, rem ABS berguna mempertahankan traksi roda pada aspal. Dengan begitu, kendaraan tetap bisa dikontrol ketika pengendara melalukan pengereman mendadak. 

Menurut Kepala Bengkel Nissan Setyabudi Semarang Andika Herda Permana, ABS memiliki tiga komponen utama yang saling berhubungan.

Baca juga: Apa Artinya Saat Indikator Rem ABS pada Mobil Menyala?

 

Karena itu, jika salah satunya bermasalah, besar kemungkinan bisa merembet ke komponen yang lain. 

Pertama adalah sensor kecepatan, yang terpasang pada keempat roda akan mengirimkan informasi ke ECU dan terhubung pada bagian piston rem. 

Rem ABSDicky Aditya Wijaya Rem ABS

Andika mengatakan, keberadaan sensor kecepatan dapat mendeteksi roda yang selip atau terkunci. Kemudian, memastikan roda tak akan terkunci ketika pengemudi melakukan pengereman mendadak. 

"Setelah sensor menangkap sinyal ada tanda-tanda abnormal dalam pengereman, sinyal akan langsung dikirim ke modul kontrol sebelum di teruskan ke ECU," ucap Andika kepada Kompas.com, Kamis (25/8/2022). 

Dalam rangkaian komponen sistema ABS, dikenal pula modul kontrol ABS. Boleh dikatakan komponen ini adalah otak keseluruhan pengendaliannya. 

Mekanisme kerja modul kontrol ABS yakni mengolah data yang ditangkap sensor kecepatan ke dalam perangkat ECU untuk kemudian ditransfer balik kepada katup pengereman.

Baca juga: Pertalite Diisukan Naik, Pendaftar MyPertamina Tembus Lebih dari 800.000

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.