Kompas.com - 25/08/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) bersama pereli Indonesia, Rifat Sungkar, mengembangkan Xpander AP4. Mobil balap tersebut ternyata jadi inspirasi modifikasi di Malaysia.

Tidak banyak yang terpikir untuk mengubah low multi purpose vehicle (LMPV) alias mobil keluarga untuk menjadi mobil balap reli. Bahkan, Xpander AP4 ini diklaim sebagai MPV reli pertama di dunia.

Baca juga: 10 Mobil Terlaris Juli, Avanza Masih Pimpin Pasar Xpander Naik Tipis

Secara tampilan, Xpander AP4 memang terlihat sangat agresif. Mobil ini menggunakan body kit untuk membuatnya lebih aerodinamis, mulai lip spoiler hingga spoiler belakang yang sukses membuat mobil ini jadi terlihat sangat sporty.

Replika Mitsubishi Xpander AP4Dok. Paultan.org Replika Mitsubishi Xpander AP4

Dikutip dari Paultan.org, Rabu (24/8/2022), ubahan tersebut membuat Mitsubishi Motors Malaysia terinspirasi. Dengan menggandeng Speedline Industries, Malaysia menghadirkan replika Xpander AP4.

Baca juga: Usai Meluncur di GIIAS 2022, New Xpander Cross Akan Mejeng di 20 Kota

Team Ralliart New Zealand yang membantu pengembangan Xpander AP4 membuat mobil ini bisa menghasilkan tenaga hingga 350 tk dan torsi 556 Nm. Lalu, diberikan juga sistem penggerak semua roda (all-wheel drive), serta girboks 6-percepatan sequential.

Replika Mitsubishi Xpander AP4Dok. Paultan.org Replika Mitsubishi Xpander AP4

Punggawa Speedline Industries Kenneth Koh, pereli yang juga berkawan baik dengan Rifat, sengaja membuat tampilan Xpander buatannya sama seperti Xpander AP4. Tapi, mobil tersebut legal untuk digunakan di jalan raya.

Bumper depan diberi tambahan dengan dua lubang udara. Sedangkan lubang udara di kap mesin, berfungsi untuk melepas hawa panas yang ada di ruang mesin.

Replika Mitsubishi Xpander AP4Dok. Paultan.org Replika Mitsubishi Xpander AP4

Sisi samping dibuat lebih manis dengan tambahan side skirts. Tapi, yang paling menarik perhatian memang bagian buritannya.

Selain sayap berukuran cukup besar yang ada di bagian atas, diffuser pada bumper belakang turut dibuat menonjol. Pada bagian atas kaca depan juga disematkan air scoop untuk memperkuat konsep rally look.

Replika Mitsubishi Xpander AP4Dok. Paultan.org Replika Mitsubishi Xpander AP4

Pada bagian kaki-kaki, pelek dan bannya sudah diubah. Begitu pula dengan bagian suspensinya, ubahannya tentu mengikuti konsep rally look yang diusung.

Modifikasinya hanya berfokus pada kosmetik di bagian eksterior dan kaki-kaki saja. Sedangkan untuk interior hingga ke sektor mesinnya, replika Xpander AP4 ini dibiarkan dalam kondisi standar.

Tujuan dari modifikasi ini adalah untuk memperlihatkan Xpander yang tak hanya sebagai mobil keluarga. Tapi, sanggup juga dijadikan mobil reli atau sekadar dimodifikasi bergaya rally look.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.