Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perhatikan Ini Saat Pasang Subwoofer pada Mobil

KLATEN, KOMPAS.com - Setiap audio pada mobil, sebenarnya sudah dibekali subwoofer oleh pabrikan. Hanya saja banyak yang melakukan modifikasi demi suara musik lebih berkualitas tinggi.

Fungsi utamanya sendiri, subwoofer akan menangkap dan menghasilkan nada rendah. Sehingga hasil suaranya akan jauh lebih halus. Biasanya, penambahan komponen ini agar suara bassnya lebih menggelegar.

Hanya saja, penambahan subwoofer tidak bisa asal pasang, melainkan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa saja itu?

Pemilik Mangunworks Car Audio Installer Ari Nugroho, mengatakan hampir setiap penambahan subwoofer harus dipasang power amplifier, jika tidak maka suara yang dihasilkan akan kurang maksimal.

“Power amplifier kan untuk memberikan daya yang besar sehingga speaker dan subwoofer bisa mengeluarkan suara secara maksimal, jika tidak ya suara yang dihasilkan kurang, jadi speaker yang sudah bagus tidak bisa menjalankan tugasnya dengan bagus,” ucap Ari kepada Kompas.com, Selasa (23/8/2022).

Dia juga mengatakan pemasangan subwoofer juga perlu diperhatikan mulai dari letaknya serta instalasinya.

“Pemasangannya juga harus tepat, tidak boleh asal, karena itu bisa menentukan suara yang dihasilkan oleh speaker atau subwoofer,” ucap Ari.

Seperti yang diketahui subwoofer memang menghasilkan nada rendah yang akan maksimal jika berada di ruangan yang kedap. Biasanya diletakkan di bawah bangku atau di bagasi, sehingga getaran suaranya bisa merambat ke seluruh kabin.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/24/151200815/perhatikan-ini-saat-pasang-subwoofer-pada-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke