Kompas.com - 20/08/2022, 14:02 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Pabrikan otomotif asal China, PT Chery Sales Indonesia (CSI) menargetkan bisa memproduksi kendaraan bermotor roda empat atau lebih di Tanah Air sebesar 200.000 unit hingga 2028.

Rencana ini, merupakan salah satu implementasi komitmen perusahaan senilai Rp 1 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 14,9 triliun yang dimulai pada tahun ini.

"Invetasi kita akan diimplementasikan ke dalam empat tahap yang dimulai pada tahun 2022. Pada fase pertama, kita berkerja sama dengan local partner guna memproduksi mobil dengan kapasitas per-tahunnya sekitar 20.000 unit," kata Tao Yong, President Director PT CSI saat ditemui, Jumat (19/8/2022) sore.

Baca juga: Belum Jualan, Chery Indonesia Sudah Bicara Ekspor di 2024

Chery Omoda 5CHERYINTERNATIONAL.com Chery Omoda 5

Kemudian pada fase kedua, yang dimulai pada 2024, pabrikan mulai lakukan aktivitas produksi di fasilitas manufaktur sendiri. Dengan kombinasi fasilitas perakitan, maka target produksinya menjadi 50.000 unit.

Dua tahun kemudian atau saat memasuki fase ketiga, target kapasitas produksi menjadi dua kali lipat yakni 100.000 unit. Pada periode sama, diharapkan pula Chery sudah melakukan ekspor mobil ke beberapa negara termasuk yang setir kiri.

"Jelang fase terakhir, kita akan membuat fasilitas riset and development (RnD). Kala itu, target produksi kami menjadi 200.000 unit per tahun," kata Tao Yong.

Kegiatan produksi ini juga, tidak hanya meliputi kendaraan berbahan bakar minya (BBM) atau konvensional. Tetapi juga untuk mobil listrik alias electric vehicle (EV), baik yang berteknologi hibrida maupun murni baterai.

Baca juga: Impresi Awal Coba Hyundai Stargazer di Jalan Raya

Booth Chery di Pameran otomotif IIMS 2022KOMPAS.com/Ruly Booth Chery di Pameran otomotif IIMS 2022

Adapun target produksi mobil listrik oleh Chery, rencananya dimulai pada fase ketdua atau antara 2024-2025 dengan model pertama Omoda 5 EV.

"Sedikitnya sudah ada lima konsumen selama GIIAS 2022 (11-19 Agustus 2022) yang mau menunggu walaupun kita informasikan bahwa Omoda 5 baru akan masuk ke Indonesia setahun lagi," kata dia.

"Omoda 5 akan hadir di Indonesia dalam dua step, yaitu pada kuartal pertama 2023 yang berbahan bakar minyak (internal combustion engine/ICE). Kemudian sekitar Agustus-September tahun depan mulai dihadirkan varian electric vehicle (EV)-nya," lanjut Tao Yong.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.