Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/08/2022, 13:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 sejatinya merupakan pameran mobil anggota Gaikindo. Namun pameran ini juga menampilkan beberapa merek sepeda motor, dan ada juga motor listrik dengan harga di bawah Rp 20 juta.

Dengan semangat elektrifikasi pada GIIAS 2022 bisa ditemui beragam motor listrik. Harganya pun bervariasi dari murah sampai mahal, dari kelas entry level sampai yang disebut premium.

Baca juga: Beli Motor Listrik Alva One Dapat Servis Gratis dan Garansi Baterai

Selis E-Max punya dua varian baterai yaitu baterai lithium ion dan baterai non lithium.KOMPAS.com/Gilang Selis E-Max punya dua varian baterai yaitu baterai lithium ion dan baterai non lithium.

Sekertaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara tidak menampik banyak motor listrik yang tebar pesona di GIIAS 2022. Bahkan menurut dia, era elektrifikasi kendaraan bermotor pribadi baiknya memang dimulai dari roda dua.

"Kalau mau memulai era kendaraan listrik, memang dari situ (sepeda motor). Ini kalau kita bicara untuk pasar Indonesia, ya. Jangan langsung yang terlalu mahal karena siapa yang mau beli," kata dia saat dikonfirmasi belum lama ini.

Di kelas entry level ada beberapa merek dan model yang dapat dipilih calin konsumen. Kompas.com merangkum tiga motor listrik di bawah Rp 20 juta yang bisa dipilih.

Baca juga: UD Trucks Memperkenalkan Sistem Telematika di GIIAS 2022

Secara desain tampilan Minerva M1 serupa dengan Smoot Tempur.KOMPAS.com/Gilang Secara desain tampilan Minerva M1 serupa dengan Smoot Tempur.

1. Selis E-Max SLA

Selis E-Max punya dua varian baterai yaitu baterai lithium ion dan baterai non lithium. Selis E-Max SLA merupakan varian yang menggunakan baterai non lithium.

E-Max SLA dibanderol Rp 15,5 juta on the road (OTR) Jakarta. Spesifikasinya baterai SLA 60V 20Ah, dinamo BLDC 60V 1.200W. Motor mampu dipacu sampai 50 kpj dengan jarak tempuh 40 km.

2. Minerva M1

Minerva M1 merupakan motor listrik besutan Minerva Electron. Motor ini menjadi tonggak kembalinya Minerva ke pasar roda dua Tanah Air namun kini fokus untuk menyasar motor nol emisi.

Minerva M1 dibanderol Rp 16,5 juta on the road (OTR) Jakarta. Minerva berkerjasama dengan Swap Energy untuk sistem tukar pakai baterai.

3. Selis Agats

Selis Agats merupakan motor listrik yang dibekali dengan dinamo 2.000 watt yang dipadu baterai SLA 27V 20Ah. Motor memiliki jarak tempuh 50 km dalam sekali pengisian baterai. Untuk kecepatannya mampu melesat 60 kpj.

Terkait harganya dibandrol seharga Rp 19,9 juta OTR Jakarta. Adapun varian warna yang bisa dipilih adalah Hitam, Putih, Merah, dan Grey.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com