Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/08/2022, 18:31 WIB
Erwin Setiawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Hampir setiap mobil baru saat ini sudah dilengkapi dengan fitur pengunci pintu mobil alias door lock.

Pada dasarnya setiap mobil memiliki mekanisme penguncian pintu meski ada beberapa mobil yang tidak dilengkapi dengan motor door lock.

Sehingga, ketika door lock tak berfungsi maka penyebabnya ada beberapa kemungkinan. Bisa dari mekanisme penguncinya atau motor yang tidak berfungsi.

Bahkan, beberapa mobil sudah dilengkapi dengan remote yang artinya kerja motor door lock juga bisa berdasarkan perintah dari alat yang terpisah.

Baca juga: Jangan Panik, Ini Cara Buka Pintu Mobil Saat Baterai Remote Habis

Remote Keyless All New Suzuki ErtigaDicky Aditya Wijaya Remote Keyless All New Suzuki Ertiga

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan secara umum penyebab door lock tidak berfungsi berasal dari tiga bagian,  mekanikal, elektrikal, dan remote.

“Ada banyak sekali yang menyebabkan door lock tidak berfungsi, untuk mengidentifikasinya diperlukan memahami gejala yang timbul, seperti apa tidak berfungsinya door lock yang dimaksud,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Minggu (14/8/2022).

Ibrohim mengatakan, gejala yang terjadi bisa beragam. Seperti pintu tidak mau mengunci ketika remote digunakan, tak mau mengunci saat saklar utama ditekan, atau tak mau mengunci ketika mekanikal kunci sudah diposisikan mengunci.

Baca juga: Bicara Status Daihatsu Ayla EV yang Curi Perhatian di GIIAS 2022

“Jika masalahnya ada di remote, bisa memeriksa baterainya, biasanya sudah lemah, jika masalahnya ada di saklar maka pemeriksaan bisa lebih kompleks karena perlu memastikan rangkaian elektrikal. Bisa saja saklarnya yang rusak, kabelnya putus, perangkat elektriknya rusak atau motornya itu sendiri,” ucap Ibrohim.

Dia mengatakan untuk memeriksa bagian elektrikal perlu meminta bantuan kepada bengkel yang kompeten dan terpercaya.

Hal itu penting karena untuk menghindari salah diagnosa atau penggantian komponen yang sebenarnya tidak rusak.

Sedangkan bila remote yang bermasalah bisa juga karena sudah rusak, alarm set dan kendala sinyal. Ibrohim mengatakan hal itu termasuk kerusakan yang berat dan jarang terjadi.

Baca juga: Pintu Mobil Mendadak Tak Bisa DIbuka, Cek Baterai Remote

Baterai remot kunci mobilDicky Aditya Wijaya Baterai remot kunci mobil

“Jika mekanikalnya yang bermasalah, maka perlu melakukan pemeriksaan mekanisme door lock dengan membongkar door trim, dari situ akan diketahui apakah ada yang lepas atau patah,” ucap Ibrohim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com