Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Wilayah Indonesia yang Paling Sepi Kendaraan Bermotor

Kompas.com - 10/08/2022, 15:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Kendaraan bermotor kini menjadi bagian yang tidak bisa terlepas dari kehidupan setiap orang. Aktivitas yang kian sibuk mengharuskan akses mobilitas yang mumpuni dari kendaraan.

Maka dari itu, jumlah kendaraan bermotor di Indonesia kian bertambah setiap saat. Hal ini tentunya membuat kepadatan lalu lintas bertambah pada setiap harinya.

Baca juga: Jelang GIIAS 2022, KIA Carens Sudah Mejeng di ICE BSD

Namun, ada wilayah di Indonesia yang minim populasi kendaraan bermotor.Berdasarkan data jumlah kendaraan per pulau yang diterbitkan oleh laman korlantas.polri.go.id, Rabu (10/8/2022) pulau Maluku dan Maluku utara menjadi wilayah yang paling sepi kendaraan dengan total kendaraan 668.703 unit.

Angka tersebut berdasarkan total gabungan jenis kendaraan berupa mobil pribadi, bus, mobil barang, sepeda motor dan kendaraan khusus.

Secara persentase pulau Maluku dan Maluku Utara hanya menyumbang 0,45 persen dari total keseluruhan jumlah kepemilikan kendaraan bermotor di tanah air.

Lampu merah yang berada setelah Jembatan Tunggulmas, Jalan Raya Tlogomas, Kota Malang, Jawa Timur seringkali terjadi kepadatan kendaraan bermotor yang melintas. KOMPAS.com/ Nugraha Perdana Lampu merah yang berada setelah Jembatan Tunggulmas, Jalan Raya Tlogomas, Kota Malang, Jawa Timur seringkali terjadi kepadatan kendaraan bermotor yang melintas.

 

Baca juga: Jelang GIIAS 2022, KIA Carens Sudah Mejeng di ICE BSD

Angka tersebut bahkan lebih kecil dari yang bisa disumbangkan oleh pulau Papua dengan torehan 0,84 persen.

Jumlah mobil pribadi di pulau Maluku dan Maluku utara yaitu 47.720 unit. Kemudian total kepemilikan bus 618 unit, mobil barang 27.788 unit, sepeda motor 592.137 unit, dan jumlah kepemilikan kendaraan khusus 296 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com