Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Porsche Taycan dan Toyota bZ4X Tersedia di Area Test Drive Indoor?

Kompas.com - 10/08/2022, 10:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 siap digelar pada 11-21 Agustus 2022 mendatang di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan.

Bertemakan 'Future is Bright', beragam kejutan dan fasilitas menarik menyangkut kendaraan listrik tengah disiapkan. Sehingga bisa mengedukasi dan mendorong daya beli masyarakat atas transportasi ramah lingkungan ini.

Sama seperti IIMS 2022, para pengunjung pameran GIIAS 2022 juga dapat melakukan test drive beberapa motor listrik dan mobil listrik dalam ruangan alias indoor, tepatnya di hall 10, dengan rute terbatas.

Baca juga: Bocoran Tampang Motor Listrik Minerva Electron di GIIAS 2022

Area Test Drive Indoor di GIIAS 2022KOMPAS.com/Ruly Area Test Drive Indoor di GIIAS 2022

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lokasi pada Selasa (9/8/2022), dari perwakilan mobil listrik berbasis baterai, sedikitnya ada sebelas brand yang ikut serta. Yaitu Hyundai, Kia, Lexus, Toyota, Porsche, Mitsubishi Motors, Mitsubishi Fuso, DFSK, Wuling, dan MG.

Sementara untuk sepeda motor listrik, ada empat merek yang terdiri dari Alva, Segway, Selis, dan Pacific. Sayangnya, sampai H-2 penyelenggaraan pameran belum ada kendaraan untuk tes yang ditempatkan.

Namun apabila menimbang produk yang sudah atau hendak dikenalkan ke pasar dalam negeri, serta tempat lokasi test drive yang hanya tersedia satu charging station, agaknya produk yang akan disediakan lumayan bisa ditebak.

Misal saja pada pabrikan Hyundai, sudah pasti yang dihadirkan dan bisa dicoba langsung oleh pengunjung ialah Ioniq 5. Sebab hingga saat ini, perseroan belum punya rencana untuk meluncuran kendaraan listrik murni baru dalam waktu dekat.

Baca juga: Wuling Janjikan Air ev Sampai ke Tangan Konsumen Akhir Agustus 2022

Area Test Drive Indoor di GIIAS 2022KOMPAS.com/Ruly Area Test Drive Indoor di GIIAS 2022

Sementara untuk Kia, kemungkinan besar ialah Niro EV. Mengingat, di beberapa waktu lalu salah satu direksi perseroan sempat mengunggah cuplikan gambar dari mobil tersebut.

Pada sisi Toyota dan Lexus, sudah bisa dipastikan produknya ialah bZ4X dan UX 300e. Sebab kedua mobil pada H-2 jelang penyelenggaraan pameran sudah di booth masing-masing dan siap dikenalkan atau dipajang.

Untuk Wuling dan DFSK, juga sudah bisa ditebak produknya yaitu Wuling Air dan DFSK Gelora. Kedua mobil ini juga sempat masuk area test drive indoor di PEVS 2022 bulan lalu di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Nah untuk sisanya, masih bisa berubah-ubah. Namun jika mengacu dari produk yang sudah masuk Indonesia, bisa jadi dari sisi Mitsubishi, akan hadirkan MiEV dan eCanter sebagai kendaraan komersil listrik berbasis baterai.

Baca juga: TeslaTeken Kontrak Pembelian Nikel di Indonesia Senilai Rp 74,5 Triliun

Porsche Taycan Turbo S, safety car untuk Formula EDok. Fiaformulae.com Porsche Taycan Turbo S, safety car untuk Formula E

Sedangkan pada sisi Nissan, tentu saja yang hadir ialah model Leaf. Dilanjutkan oleh MG ZS EV sebagai mobil listrik bergaya crossover canggih yang diluncurkan pada IIMS 2021 lalu.

Adapun yang paling menarik, yaitu dari Porsche, kemungkinan besar produknya ialah generasi terbaru Taycan. Mengingat distributornya di dalam negeri yakni PT Eurokars Artha Utama, sudah cukup lama menjanjikan mobil ini masuk Indonesia.

Hanya saja sampai saat ini, informasi mengenai skema dan aturan pengujian mobil listrik di dalam ruangan pameran GIIAS 2022 belum bisa diungkapkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com