Kompas.com - 10/08/2022, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk meresmikan pembukaan dan melihat langsung pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 pada 11-21 Agustus 2022 belum dipastikan.

Meskipun demikian, berdasarkan pantauan langsung Kompas.com di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Selasa (9/8/2022), beberapa peserta pameran sudah menyiapkan sambutan untuk kedatangannya.

Kabar tersebut didapatkan redaksi saat berbincang bersama salah satu panitia persiapan GIIAS 2022, Satuan Pengamanan (Satpam) yang akan berjaga ketika pameran berlangsung, dan Satgas Covid-19 untuk GIIAS 2022.

Baca juga: Pameran PEVS Pacu Perkembangan Kendaraan Listrik

H-2 penyelenggaraan pameran otomotif GIIAS 2022, Selasa (9/8/2022).KOMPAS.com/Ruly H-2 penyelenggaraan pameran otomotif GIIAS 2022, Selasa (9/8/2022).

"Kemarin sih bilangnya tetap datang (Presiden RI Jokowi) ya, Pak. Begitu," kata panitia persiapan yang enggan disebutkan namanya, Selasa sore.

"Kalau saya sendiri, kurang tahu ya. Tapi kalau tahun kemarin Menteri-nya. Saat ini sih belum ada informasi apa-apa (mengenai persiapan pengamanan maupun arus masuk dan keluar Presiden RI Jokowi)," ujar petugas Satgas Covid-19 untuk GIIAS 2022.

Namun, apabila sudah ada kepastian, tentunya tim Satgas Covid-19 pameran ini dilibatkan supaya penjagaan terorganisasi. Sehingga, tak terjadi penyebaran virus Covid-19 yang merugikan orang banyak.

Begitu pula dari sisi Satpam, supaya penjagaan maksimal khususnya terkait arus masuk dan keluar walaupun, nantinya akan ada Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

H-2 penyelenggaraan pameran otomotif GIIAS 2022, Selasa (9/8/2022).KOMPAS.com/Ruly H-2 penyelenggaraan pameran otomotif GIIAS 2022, Selasa (9/8/2022).

Diketahui, pameran otomotif nasional GIIAS merupakan salah satu helatan akbar untuk para pecinta kendaraan bermotor di dalam negeri dan mancanegara yang rutin digelar setiap tahun.

Berbagai kejutan menarik hingga program penjualan, tentu akan menjadi daya tarik tersendiri pada gelaran tersebut. Apalagi pada tahun ini, GIIAS bertemakan 'Future is Bright'.

Artinya, pameran akan lebih berfokus pada pengenalan serta peluncuran sepeda motor dan mobil listrik berbasis baterai. Beragam kegiatannya pun disesuaikan sehingga bakal jauh berbeda dari GIIAS di tahun sebelumnya. Meskipun jualan tetap masuk dalam menu utama pameran juga.

H-2 penyelenggaraan pameran otomotif GIIAS 2022, Selasa (9/8/2022).KOMPAS.com/Ruly H-2 penyelenggaraan pameran otomotif GIIAS 2022, Selasa (9/8/2022).

Sebagai contoh, para pengunjung dapat mencoba beberapa sepeda motor serta mobil ramah lingkungan di dalam ruangan. Kemudian, ada juga permainan kecil menyangkut penggunaan teknologi kendaraan listrik di kehidupan sehari-hari.

Beberapa perserta pameran yang terdiri atas produsen otomotif berskala besar pun bakal meluncurkan seraya memperkenalkan produk elektrifikasi terbarunya. Sebut saja Toyota, Daihatsu, Honda, Mitsubishi, sampai Alva.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.