Kompas.com - 10/08/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada persiapan pameran GIIAS 2022, sejumlah produk baru mulai berdatangan ke arena ICE BSD City, Tangerang, Banten untuk jadi peserta. Salah satu yang berhasil dijumpai, adalah mobil baru Suzuki S-Presso.

Setelah hadir lewat bocoran gambar hingga teaser resmi, akhirnya wujud S-Presso versi Indonesia tampak juga.

Fakta ini terungkap saat redaksi Kompas.com melihat langsung persiapan GIIAS 2022 di lokasi pameran, Selasa (9/8/2022).

Baca juga: Royal Enfield Hunter 350 Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 27 Jutaan

Suzuki S-Presso di GIIAS 2022KOMPAS.com/GILANG SATRIA Suzuki S-Presso di GIIAS 2022

Walaupun terlihat mungil, ternyata desain S-Presso juga bisa mengarah ke segmen small SUV. Apalagi visualnya dibuat mengotak dengan gril dan bumper yang terlihat tinggi dan memiliki skid plate pada bagian bawahnya.

Berkaca dari S-Presso versi India, mobil ini memiliki dimensi panjang 3.565 mm, lebar 1.520 mm, dan tinggi 1.565 mm.

Sementara dapur pacunya, kendaraan perkotaan tersebut dibekali mesin 998 cc tiga silinder dengan kode K-10B, yang mampu menghasilkan tenaga 67 Tk dan torsi puncak 90 Nm.

Baca juga: Pengendara yang Tak Punya SIM Bisa Kena Denda Maksimal Rp 1 Juta

Untuk pasar India, Suzuki S-Presso sudah ditanamkan sejumlah fitur standar, seperti dual airbag, anti-lock braking system (ABS), electronic brake-force distribution (EBD), sensor parkir belakang, serta peringatan khusus saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi.

Kedatangan S-Presso bisa saja menggantikan peran Wagon R, apalagi berdasarkan bocoran yang Kompas.com terima dari salah satu tenaga penjual Suzuki, kisaran banderolnya sangat kompetitif, yakni dari Rp 155 juta hingga Rp 164 juta.

Bila benar, artinya S-Presso akan berhadapan dengan Brio Satya, Daihatsu Ayla, dan Toyota Agya. 

Baca juga: Belum Sebulan, Pesanan Mobil Listrik Wuling Air ev Diklaim 1.000

Suzuki S-PressoKOMPAS.com/GILANG SATRIA Suzuki S-Presso

Jika disandingkan dengan city car yang ada saat ini, seperti Daihatsu Sirion dan Brio RS, secara spesifikasi dan harga S-Presso masih belum bisa menyamai. Termasuk dengan saudaranya, yakni Ignis, yang saat ini harga jualnya di atas Rp 200 juta.

Namun di lain sisi, tentu Suzuki S-Presso tak bisa dikategorikan sebagai segmen LCGC lantaran status produk yang didatangkan dari luar negeri alias impor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.