Kompas.com - 10/08/2022, 09:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, akan berlangsung 11-21 Agustus 2022.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pameran ini akan berisi tentang kehadiran produk-produk baru, termasuk peluncuran global premier, hingga pengenalan teknologi canggih yang ditawarkan oleh sejumlah merek otomotif.

Pada H-2 jelang pameran, Selasa (9/8/2022), persiapan sudah dimulai di ICE BSD City. Sejumlah booth mulai dibangun, sebagian sudah ada yang sudah terlihat bentuknya, namun ada beberapa juga yang belum rampung.

Baca juga: Pameran PEVS Pacu Perkembangan Kendaraan Listrik

Beberapa agen pemegang merek (APM) juga terpantau sudah memamerkan mobil barunya. Seperti contoh Toyota yang berada di Hall 1 tampak menjadi peserta dengan booth terbesar.

Meski area pameran ditutupi dengan kain hitam, namun beberapa jajaran produk Toyota terpantau sudah berada di booth tersebut.

Disinyalir, Toyota bakal membawa line up mobil listriknya yakni Toyota bZ4X, yang dibawa secara utuh dari Jepang alias Completely Built-up (CBU).

Mobil listrik Toyota bZ4XDok. Insideevs.com Mobil listrik Toyota bZ4X

Mobil ini juga diduga bakal dirilis dan mulai dijual bertepatan dengan pameran otomotif tahunan GIIAS 2022.

Seperti diketahui, Toyota bZ4X sudah tiba di Indonesia sejak Juli lalu sebagai bagian dari persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada November 2022. Jika bZ4X disiapkan untuk G20 maka GIIAS 2022 menjadi waktu yang tepat untuk peluncuran mobil listrik itu.

Namun, saat dikonfirmasi, Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, masih enggan berbicara banyak mengenai Toyota bZ4X. Apakah akan di jual di Indonesia, atau mungkin dihibahkan pada pemerintah usai KTT G20.

Baca juga: Toyota Vios Generasi 4 Meluncur, Harga Mulai Rp 226 Jutaan

Bz4x nanti ya, saat ini belum ada keputusan,” ucap Anton saat dihubungi Kompas.com (1/8/2022).

Sebelumnya, PT TAM dipastikan akan mulai menjual mobil listrik tahun ini di pasar otomotif nasional. Namun belum terungkap model apa yang bakal dirilis dalam waktu dekat ini.

“Kita akan menjual mobil listrik tahun ini (2022),” ucap Vice President TAM Henry Tanoto, belum lama ini.

Ketika ditanya mengenai model apa, Henry belum mau membuka keran informasinya lebih lanjut. Namun, besar kemungkinan adalah Toyota bZ4X. Mari kita tunggu saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.