Kompas.com - 02/08/2022, 16:41 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Gambar paten skuter sel bahan bakar hidrogen milik TVS bocor di internet. Paten ini menggambarkan bahwa TVS semakin fokus terjun di dunia elektrifikasi tapi bukan hanya listrik bertenaga baterai.

Untuk diketahui teknologi sel bahan bakar hidrogen relatif jarang jika dibandingkan dengan kendaraan listrik baterai. Teknologi hidrogen lebih dikenal dipakai di mobil, salah satunya yang memakainya ialah Toyota Mirai.

Baca juga: Berkomunikasi di Jalan, Baiknya Pakai Klakson atau Lampu Jauh?

TVS iQube di ajang Jakarta Fair 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA TVS iQube di ajang Jakarta Fair 2022

Mengutip Rideapart, dari gambar paten yang terungkap basis motor hidrogen ini menggunakan skuter listrik TVS iQube, tangki hidrogen tampak bakal diletakkan bagian depan dekat dek

Baterainya akan diletakan di bawah alas kaki atau dek. Dari gambar terlihat baterainya hadir dalam konfigurasi sel cukup canggih. Sistemnya bisa regenerasi atau mengisi daya saat melakukan deselerasi atau pengereman.

Baca juga: Beda Biaya Ganti Oli Transmisi Matik dan Flushing

TVS iQubeKOMPAS.com/DIO DANANJAYA TVS iQube

Dinamo terletak di bawah jok, sementara komponen lain seperti pengatur tekanan, pengukur aliran, dan katup penutup terletak lebih jauh di bawah, dekat poros lengan ayun alias swingarm.

Dinamo mampu menghasilkan tenaga 5,9 tk dan torsi 140 Nm. Baterai lithium-ion mampu menjangkau hingga 75 km dalam mode kencang dan 100 km dalam mode hemat. Motor dapat dikebut hingga kecepatan 78 kpj.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.