Generasi Baru Bodi Bus Setra, Lebih Elegan Punya Fitur Keselamatan

Kompas.com - 02/08/2022, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu produk andalan Daimler Truck AG, Setra, baru saja merilis bodi bus baru. Generasi terbaru dari Setra ComfortClass dan TopClass ini punya tampilan yang makin elegan.

Secara bagian eksterior, bagian depan dari bodi baru Setra ini lebih kalem. Misalnya dari lampu depan LED yang punya fitur Adaptive highbeam. Begitu juga model dari lampu sein yang juga berfungsi bergantian dengan DRL.

Daimler Buses Head of Design Stefan S. Handt mengatakan, Setra ComfortClass dan TopClass telah diberikan tampilan yang jauh lebih berkelas. Bahkan untuk logo Setra di bagian depan menambah tegas bahasa desain bus ini.

Baca juga: Desain Bus Medium Banyak Mirip dengan Big Bus


"Klaim kelas premium Setra semakin ditegaskan. Sekarang logo Setra di bagian depan juga terlihat jelas," ucap Stefan dalam siaran resmi dikutip Senin (1/8/2022).

Selain itu, di bagian samping ada ornamen bertuliskan Setra yang cukup besar ukurannya. Namun dari model ComfortClass dan TopClass punya desain ornamen samping yang sedikit berbeda.

Keunikan lain dari bus Setra ini adalah model ventilasi udara di bagian belakang yang ekstra besar. Selain itu, bentuknya juga unik, bukan sekadar mengotak tapi seolah memberi kesan dinamis tiga dimensi dari samping.

Baca juga: Data STNK Dihapus, Bakal Banyak Kendaraan Bodong


Kemudian kalau bagian belakangnya, Setra juga menggunakan lampu kombinasi LED. Modelnya tetap sama dengan generasi sebelumnya, namun sentuhan LED di bagian dalamnya memuat Setra terlihat segar.

Pada generasi terbaru ini juga Daimler menyematkan fitur Active Driver Assist 2 (ADA 2) dan Active Brake Assist 5 (ABA 5). Kombinasi kedua fitur keselamatan aktif tersebut membuat bus besar ini semakin aman di jalanan.

ASA 2 punya fitur menjadi asisten pengemudi menjaga jarak aman sampai mencegah bus keluar dari jalur. Sedangkan ABA 5 dapat mendeteksi obyek yang bergerak di depan bus dan mengaktifkan emergency brake.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.