Cara Mudah Bikin Usai Pakai Aki Basah Lebih Lama

Kompas.com - 30/07/2022, 10:42 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Meski tergolong lawas, namun sampai saat ini masih banyak mobil yang menggunakan jenis aki basah.

Salah satu alasannya karena faktor harga yang lebih murah. Namun perlu diketahui, soal perawatan aki basah bisa dibilang lebih rumit. 

Perawatan wajib aki basah dimulai dari cek ketinggian air aki, hal ini wajib diperhatikan para penggunanya bila ingin usia pakainya lebih lama. 

Untuk melakukan pengecekan, Andreas Hardjo, pemilik Menyanan Jaya Raya Aki mengatakan, pemilik mobil bisa memantau ketinggian air aki via indikator lower dan upper

Baca juga: Ini Bedanya Air Aki Botol Merah dan Biru

 

Menurut Andreas, bila air aki basah lebih sedikit dan mendekati level low, bisa berdampak bai cell-cell aki kering. 

"Cairan elektrolit aki yang kurang bisa menyebabkan aki lebih cepat panas, cell aki harus selalu terendam agar aki lebih awet," ucap Andreas kepada Kompas.com, belum lama ini.

Lebih lanjut dia mengatakan, cell aki yang kering, akan membuat aki lebih cepat panas, daya listrik aki berkurang, dan starter jadi lebih berat.

Ganti air aki mobilKOMPAS.com/STANLY RAVEL Ganti air aki mobil

Tak hanya kekurangan, air aki juga tak boleh sampai kelebihan karena memiliki dampak penguapan yang membuat terminal aki dipenuhi kerak putih. 

"Mengisi air aki terlalu penuh bisa menyebabkan oksidasi penguapan berlebihan. Panas berlebih air aki akan menguap dan memicu kerak berwarna putih yang menumpuk di terminal kutub aki," kata dia. 

Bambang Sri Haryanto, Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit membenarkan bila perawatan rutin diperlukan agar aki basah lebih awet.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.