Kompas.com - 12/07/2022, 13:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Bagi pemilik kendaraan yang masih menggunakan aki basah, pastinya akan diwajibkan mengisi ulang air aki sebagai salah satu bentuk perawatan.

Namun dalam pelaksanaan pengisian, ada beberapa hal yang wajib jadi perhatian. Terutama terkait jenis air aki yang akan digunakan. 

Air aki yang banyak beredar, dijual dengan dua warna kemasan, yakni merah dan biru. Huruf dan label tulisan pun berbeda. 

Menurut Andreas Hardjo Pemilik Menyanan Jaya Raya Aki, sebagian orang beranggapan keduanya sama-sama air aki. Padahal, karakteristik dan kegunaan dari keduanya berbeda. 

Baca juga: Mobil Mewah Dipastikan Tidak Dapat Beli BBM Subsidi 

"Istilahnya, untuk yang berwarna biru disebut air destilasi digunakan untuk mengisi air aki yang sudah berkurang. Jangan menambahkan air aki pakai botol merah (aki zuur), karena kadar H2SO4-nya jadi naik dan dapat merusak komponen aki," ucapnya kepada Kompas.com, Senin (11/7/2022). 

Ganti air aki mobilKOMPAS.com/STANLY RAVEL Ganti air aki mobil

Andreas menjelaskan, air aki dengan botol label merah biasa digunakan untuk mengisi aki basah baru dan jarang sekali ditemui di toko sparepart maupun bengkel. 

Jika dirinci, kandungan campuran air sir presentasenya sebesar 40 persen, sedangkan air destilasi penyulingan 60 persen. 

Kemudian, untuk air aki botol biru sebelumnya telah melewati proses demineralisasi. Efektif sekali digunakan menambah atau isi ulang air aki yang berkurang mendekati garis batas lower level. 

"Air yang sudah mengalami demineralisasi sehingga menjadi air murni," ucapnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.