Kompas.com - 29/07/2022, 17:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 yang berlangsung 22-31 Juli 2022 tak hanya menampilkan mobil dan sepeda motor listrik keluaran baru, tapi mobil listrik karya mahasiswa.

Salah satu mobil balap listrik yang ada di aera test ride ialah mobil balap listrik karya tim Yacaranda dari Universitas Gadjah Mada (UGM) yang ikut dalam Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI).

Namun rupanya mobil listrik karya mahasiswa UGM tersebut bukan cuma tim Yacaranda, ada juga dari tim Arjuna. Bahkan spesifikasi mobil balap milik tim Arjuna ini lebih tinggi dari tim Yacaranda.

Baca juga: Perbedaan Hyundai Palisade Facelift dengan Palisade Versi Lama

Spesifikasi mobil balap tim Arjuna buatan mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM).KOMPAS.com/Dio Spesifikasi mobil balap tim Arjuna buatan mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM).

"Bedanya tim Arjuna ini tim dari taraf universtitas kalau Yacaranda itu vokasi. Kemudian mobil tim Arjuna ini ikut kompetisi di tingkat internasional, kalau tim Yacaranda di tingkat nasional. Dimensi mobil juga beda ini lebih besar dan spesifikasinya juga beda," kata Thariq Faros perwakilan tim Arjuna kepada Kompas.com, Kamis (28/7/2022).

Thariq mengatakan tim Arjuna berdiri sejak 2012 dan sampai saat ini sudah generasi kesepuluh. Untuk mobil sendiri tim sudah membuat tiga mobil dan ikut kompetisi mobil listrik di Formula SAE di Jepang pada 2017 dan 2019.

"Mobil yang ini (di PEVS 2022) ialah mobil ketiga. Saat ini baru selesai sekitar 85 persen. Banyak bagiannya kami buat sendiri mulai dari sasis dan semuanya," kata Thariq.

Baca juga: BERITA FOTO: Mengintip Spesifikasi Motor Listrik Gesits G1

Spesifikasi mobil balap listrik tim Arjuna buatan mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM).KOMPAS.com/Dio Spesifikasi mobil balap listrik tim Arjuna buatan mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM).

Thariq mengatakan saat ini pihaknya berusaha untuk menyempurnakan mobil. Targetnya mobil akan selesai pada Agustus 2022 dan launching di acara Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022, awal September mendatang.

Sepesifikasi mobil balap listrik tim Arjuna yaitu menggunakan motor listrik alias dinamo Emrax 208 berdaya 80 Kw dipadu kontroler Kelly KLS 14401-808 IPS. Catu daya menggunakan baterai lithium ion dari Samsung.

Baca juga: Remote Keyless Mobil Hilang, Ini Kisaran Dana yang Harus Disiapkan

Spesifikasi mobil balap listrik tim Arjuna buatan mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM).KOMPAS.com/Gilang Spesifikasi mobil balap listrik tim Arjuna buatan mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM).

Prestasi

Selama masa pandemi tim Arjuna terus konsisten. Tim memboyong empat penghargaan di FSEV Formula Bharat 2020, yakni Juara 2 Place Overall Event, Juara 2 Place Best Team Management Strategy, Notable Mention for EV Design Overall Choice, dan Notable Mention Kaizen Guru.

Kemudian di FSEV Formula Bharat 2021 meraih Juara 3 Place Best Team Management Strategy, Best Battery Design, serta Finalist Artificial Intelligence and Software Intergration.

Tahun ini tim berhasil membawa penghargaan di Pi-EV Formula Bharat 2022, menang di kategori Software and Intelligence Intergration, Juara 3 Place Procurement Strategy dan posis empat Overall Pi-EV 2022 Event.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.