Ini Risiko Mobil Diesel yang Paksa Gunakan Filter Solar Kotor

Kompas.com - 22/07/2022, 12:42 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Mobil diesel modern makin diminati konsumen. Hal tersebut lantaran konsumsi bahan bakarnya yang dianggap lebih irit dan tenaga mesin lebih bertenaga, dengan catatan menggunakan Solar berkualitas.

Namun adanya kenaikan harga BBM nonsubsidi yang cukup tinggi, membuat pemilik mobil diesel terpaksa mengonsumsi Solar murah yang tentunya memiliki kandungan sulfur tinggi. 

Lalu, bagaimana dengan perawatan filter solar?

Baca juga: Ini Daftar Servis Usai Membeli Mobil Bekas

Menanggapi itu, Kempes Pemilik Bengkel Mobil Anugrah Abadi Karangawen mengatakan, konsumsi solar murah mengakibatkan filter bahan bakar lebih cepat kotor. Apalagi pemiliknya nekat menggunakan filter solar kotor hingga berlama-lama. 

Servis mobil diesel commonrail, mekanik melakukan purging injektor. Kompas.com Servis mobil diesel commonrail, mekanik melakukan purging injektor.

"Aliran bahan bakar dari filter ke injektor berkurang karena tersumbat. Kandungan kadar air yang tinggi tidak bisa tersirkulasi ke injektor," katanya, kepada Kompas.com, belum lama ini. 

Kempes melanjutkan, beberapa mobil seperti Innova diesel telah dilengkapi indikator filter solar. Selain kotoran endapan sulfur filter solar juga menyaring air dari tangki. 

Hal senada di ungkapkan Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto.

Baca juga: Bukan Mitos, Mobil Diesel Pakai Solar Murah Bakal Sering Purging

Contoh filter solar pada mesin diesel- Contoh filter solar pada mesin diesel

Menurut dia, filter solar kotor bisa dibersihkan tetapi dengan catatan kondisinya belum terlalu parah. 

"Pertimbangan ganti baru atau servis melihat kondisi filter. Jadi, filter solar mampet selain membuat indikator nyala bisa membuat asap knalpot berwarna hitam pekat," katanya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.