Wacana Produksi Mobil Listrik Xpander dan Pajero Sport, Ini Kata MMKSI

Kompas.com - 27/07/2022, 16:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kunjungan kerja Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Jepang membuahkan hasil konkret bagi industri otomotif di Tanah Air.

Dalam pertemuan dengan CEO Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Takao Kato, Mitsubishi mengumumkan bakal menambah investasi sebesar Rp 10 triliun di Indonesia untuk mengembangkan mobil hybrid dan listrik.

“Sampai saat ini, MMC telah menginvestasikan Rp11,3 triliun hingga akhir 2021 untuk seluruh pabrik MMC di Indonesia. Targetnya, MMC akan menginvestasikan sekitar Rp10 triliun mulai 2022 hingga 2025,” ujar Menko Airlangga, dalam keterangan resmi, Rabu (27/7/2022).

Baca juga: Benelli-Keeway, Dorong SNI Baterai Motor Listrik

Airlangga melanjutkan, Indonesia merupakan pangsa pasar besar bagi Mitsubishi, bahkan dibandingkan dengan pasar Jepang, penjualan Mitsubishi di Tanah Air lebih besar.

“Setelah 2023, MMC akan fokus memproduksi model mobil jenis xEV yang terdiri dari model Xpander dan Pajero Sport. Selain itu, MMC juga akan memproduksi dua model kendaraan baru Electric Vehicle (EV) mulai 2024,” kata Airlangga.

Mitsubishi New Xpander Sport CVTKOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi New Xpander Sport CVT

Namun, ketika tim redaksi melakukan konfirmasi kepada Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) terkait rencana produksi kendaraan listrik Xpander dan Pajero Sport di Tanah Air, pihak MMKSI masih enggan berkomentar lebih jauh.

“Kami tidak dapat berkomentar tentang detail pertemuan tersebut. Indonesia adalah salah satu pasar terpenting bagi Mitsubishi Motors dengan angka terbesar dalam penjualan global kami. Kami akan terus melakukan kontribusi bagi perekonomian Indonesia,” kata Naoya Nakamura, Presiden Direktur MMKSI, kepada Kompas.com, Rabu (27/7/2022).

Baca juga: Mitsubishi Tambah Investasi Rp 10 Triliun di Indonesia untuk Mobil Listrik

Sebagai informasi, Mitsubishi sebetulnya sudah memiliki kendaraan ramah lingkungan di Indonesia yakni Outlander PHEV yang diluncurkan pada ajang GIIAS 2019.

Mobil tersebut menggunakan mesin berkubikasi 2.400 cc model Atkinson Cycle, motor listrik dan baterai. Mesin 2.400 cc memiliki tenaga sebesar 99 Kw atau 132 tk dengan torsi puncak 211 Nm.

Sementara untuk motor listrik pada penggerak roda depan mampu menghasilkan daya 60 kW dengan daya jelajah 45 kilometer. Sedangkan pada bagian belakang mampu menghasilkan daya yang sedikit lebih besar yakni 70 kW atau bila dikonversikan sekitar 93 tk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.